Makanan Kucing

Air Kelapa Untuk Kucing, Bolehkah?

Air kelapa untuk kucing

Air kelapa sejak lama dikenal mempunyai manfaat kesehatan bagi kita manusia. Namun apakah kucing bisa juga mendapatkan manfaat yang sama?

Air kelapa untuk kucing boleh diberikan karena pada dasarnya air kelapa tidak berbahaya bagi kucing. Ada makanan yang aman bagi manusia namun adalah racun bagi kucing, air kelapa tidak termasuk di dalamnya.

Bahkan dikatakan air kelapa mempunyai beberapa manfaat untuk kucing:

  1. Kandungan trigliserida dalam air kelapa membantu meredakan masalah pencernaan seperti sakit perut, perut kembung, dan lainnya.
  2. Vitamin dan mineral yang ada dalam air kelapa bagus untuk kekebalan tubuh dan menyehatkan bulu kucing.
  3. Ada yang mengatakan bahwa untuk anak kucing yang sedang tumbuh, air kelapa bermanfaat untuk membangun imunitas tubuhnya.

Namun tidak semua kucing akan baik-baik saja setelah meminum air kelapa. Ada sebagian kucing yang setelah minum bertingkah tidak normal seperti hiperaktif.

Pemberian air kelapa untuk kucing pun tidak boleh dalam jumlah yang banyak. Harus diperlakukan seperti snack yang diberikan sesekali saja. Sedangkan untuk kebutuhan air sehari-hari sebaiknya kucing diberi air minum biasa.

Alasan lainnya adalah air kelapa mempunyai kadar gula yang tinggi. Jika diberikan terlalu banyak tentu bisa membuat kucing obesitas. Lagipula kandungan natrium dan kalium pada air kelapa jika diasup berlebihan bisa berdampak buruk pada ginjal kucing, dan bisa juga menyebabkan hiperkalemia.

Pemberian makanan atau minuman baru ke dalam menu kucing sehari-hari sebaiknya kamu konsultasikan pada dokter hewan. Apalagi jika jenis makanannya yang tidak secara alami dikonsumsi kucing di alam liar, seperti air kelapa ini.

Air kelapa bukan bagian dari makanan pokok kucing. Memang bernutrisi, namun umumnya kucing sudah terpenuhi kebutuhan nutrisinya dari makanan kucing yang kamu berikan sehari-hari.

Jadi kesimpulannya….

  • Kucing tidak memerlukan asupan air kelapa, dan kita umumnya tidak tahu pasti berapa takaran yang aman bagi kucing. Jadi sebaiknya dihindari memberi air kelapa pada kucing.
  • Jika alasannya adalah untuk memberi tambahan nutrisi pada kucing, ada solusi yang lebih praktis dan lebih aman. Misalnya dengan memberikan dry food, wet food, dan snack yang berkualitas.
  • Jika kucing terlanjur minum air kelapa, cegah saja segera sebelum dia mengonsumsinya terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *