ANJING BOXER SI KEKAR

Asal muasal anjing Boxer di percaya sebagai hasil dari perkawinan silang yang tidak direncanakan dari anjing-anjing keluarga mollosus atau mastiff purba yang berasal dari sebuah kota bernama Molossis di Yunani.

Anjing Mollosus yang terkenal keberanian serta kemampuannya sebagai anjing pemburu dan anjing perang menarik perhatian orang orang Eropa yang kemudian membawa anjing mollosus ini mengelilingi benua eropa sampai kedaratan Inggris melalui Roma, dalam perjalanannya mengelilingi negara-negara Eropa anjing mollosus dikawin silangkan dengan anjing-anjing lokal yang kemudia menghasilkan banyak anjing pekerja berkualitas ditiap negara yang disingahinya salah satu mollosus pekerja yang paling menonjol keberanian, kekuatan serta kemampuannya baik di medan perang maupun dalam menjatuhkan hewan-hewan buas seperti beruang, puma, panther dan singga adalah Bullenbaisser.

Nenek moyang anjing trah Boxer. nenek moyang Boxer yang diketahui sebagai anjing Bullenbeisser kualitas fisiknya lebih mirip APBT (American Pit Bull Terrier) ketimbang Boxer modern, sampai saat ini bentuk Bullenbeiser yang sesunguhnya masih bisa dilihat oleh masyarakat modern dalam bentuk goresan kuas diatas kanvas karya J.E.L. Riedinger (1698-1767).

Boxer merupakan jenis hewan yang memiliki bentuk tubuh pendek dengan bulu yang sedang, moncong berbentuk persegi panjang. Pada tahun 1800-an, Boxer muncul dari negara Jerman. Keturunan Boxer hampir sama dengan Bulldog, karena sama-sama dikembangbiakan sebagai teman berburu. Ketangkasan dan kekuatan yang dimilikinya itulah yang menjadikan anjing ini dijadikan sebagai hewan pemburu.

Karakter fisik
Keadaan fisik Boxer dapat dilihat dari badannya yang sangat proporsional, berotot, tinggi yang dimilikinya dapat mencapai hingga 26 inchi dan berat tubuhnya yang dapat mencapai hingga 75 pound. Bagian fisik yang menjadi ciri khas dari seekor anjing Boxer yaitu pada bagian kepalanya. Dengan moncong yang lebar dan bagian rahang bawah yang lebar pula. Hal ini memperlihatkan bahwa rahang bagian bawah jauh lebih panjang dibandingkan bagian atas.

Meskipun tampilan fisiknya tidak terlalu mirip degan Bulldog, namun bentuk fisik, khususnya bagian moncongnya dianggap lain dari jenis anjing yang lainya. Pada saat Boxer menutup mulutnya, maka bagian lidah dan giginya tidak terlihat. Pada saat Boxer berdiri, kegagahanya akan sangat terlihat dengan jelas. Garis tubuhnya, bagian belakang kepala dan dadanya yang berotot memperlihatkan gaya yang begitu sangat memesona.

Perawatan
Perawatan menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan agar bulunya tetap terjaga dengan mengkilap. Meskipun memiliki bulu yang pendek, namun perawatan untuk menyikat bulu menjadi solusi yang tepat agar warna coklat kekuningan tetap terjaga dengan bersih dan terhindarkan dari yang namanya kusut. Selain warna coklat kekuningan, Boxer juga memiliki warna seperti coklat, kuning dan merah.

Kepribadian dan temperamen
Kepribadian yang dimiliki yaitu ekspresi wajahnya yang memperlihatkan kewaspadaannya. Jika dijadikan sebagai anjing penjaga, maka jenis anjing ini sangat cocok, mesksipun diam, namun ia tetap mengawasi segala sesuatu yang sedang terjadi. Kombinasi kekuatan dan kelincahan yang dimilikinya itulah yang membuat jenis anjing Boxer berbeda dengan jenis anjing yang lainnya. Melalui kepribadian yang ramah, selalu bersemangat, menjadikan Boxer sebagai teman yang setia. Responnya yang sangat baik dan kepekaan yang dapat melayani orang-orang yang ada disekitarnya.

Jenis anjing seperti Boxer sangat tepat dijadikan sebagai anjing peliharaan di rumah atau dijadikan sebagai sahabat. Meskipun sikapnya yang cenderung diam namun anjing ini akan memperlihatkan sikap agresifnya terhadap anjing asing yang lainnya.Agar anjing Boxer tidak acuh tak acuh dengan orang asing, maka harus dilatih sejak dini. Latihan yang dapat dilakukan yaitu dengan bermain bersama. Hal ini sangatlah dianjurkan bagi pemilik anjing Boxer. Selain bersikap menyenangkan, Boxer juga memiliki sikap sosial yang cukuplah tinggi. Oleh karena itu jenis anjing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman berolahraga.

Kesehatan
Kesehatan Boxer dapat terganggu karena adanya penyakit alimen minor misalnya seperti kolitis, erosi kornea, torsi lambung, canine hip dysplasia, Boxer cardiomyopathy, hipotiroidisme dan subvalvular aortic stenosis. Selain itu penyakit paling parah yang dapat menyerang yaitu seperti tumor otak dan mielopati degeneratif.

Sejarah dan latar belakang
Danziger Bullenbeiser dan Brabenter Bullenbeiser merupakan dua keturunan anjing Eropa Tengah yang mengalami kepunahan. Bullnbeiser merupakan singkatan bull-penggigit, yang mana jenis anjing ini akan sangat membantu dalam hal mengejar permainan yang cukup besar, misalnya seperti rusa, beruang maupun babi hutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *