Serba-Serbi

Bau yang Tidak Disukai Kucing

Bau yang tidak disukai kucing

Penciuman kucing 14 kali lebih tajam dibanding manusia. Mungkin karena begitu tajamnya maka banyak aroma yang tidak masalah buat kita tapi ternyata dibenci oleh kucing.

Ketidaksukaan kucing pada bau tertentu bisa jadi karena naluri alaminya untuk menghindari bahaya. Karena beberapa buah dan tanaman yang baunya dibenci kucing ternyata beracun baginya jika dimakan.

Youtube Cat & Dog

Beberapa bau yang tidak disukai kucing antara lain:

#1 Pisang

Pisang termasuk buah yang aman dimakan oleh kucing, namun baunya tidak disukai kucing.

#2 Jeruk

Kucing tidak menyukai bau jeruk, jeruk nipis, lemon, grapefruit, dan sejenisnya. Beberapa produk cat repellent (pengusir/penolak kucing) banyak juga yang mengandung bau jeruk.

Kamu bisa meletakkan jeruk di tempat yang kamu ingin kucing menjauhinya. Misalnya di sofa yang sering dipakai kucingmu untuk scratching. Tapi mungkin lebih baik memakai semprotan beraroma jeruk, karena kulitnya kalau termakan oleh kucing bisa membuatnya keracunan.

#3 Lada dan Kayu Manis

Aroma yang pedas dan kuat dari herbal seperti lada dan kayu manis juga bisa mengusir kucing. Namun sebaiknya jangan menggunakan lada untuk mengusir kucing karena berpotensi membahayakan. Sedangkan kayu manis tidak beracun bagi kucing.

#4 Rosemary, Thyme, dan Rue

Tanaman rosemary dan thyme (timi) biasanya tidak berbahaya bagi kucing. Tapi rue dapat menyebabkan efek negatif baik bagi manusia maupun kucing.

#5 Mint dan Gandapura

Bau mint dan bau yang serupa seperti gandapura (wintergreen) tidak disukai oleh kucing. Ketidaksukaan itu bagus juga buat kucing, mungkin bagian dari naluri alaminya. Karena memakan mint dan sejenisnya dapat menyebabkan muntah dan diare pada kucing.

#6 Coleus canina

Tanaman yang bunganya biru cantik ini baunya tidak enak. Pesing, atau busuk mirip dengan kentut sigung. Bahkan manusia juga bisa tidak suka.

#7 Ekaliptus, Geranium, dan Lavender

Ekaliptus, geranium, dan lavender mempunyai bau yang tidak disukai kucing. Namun hati-hati karena ketiga tanaman itu agak beracun bagi kucing jika termakan.

#8 Litter Box yang Kotor

Kucing terkenal suka dengan kebersihan. Dia pun tidak suka litter box yang bau dan kotor, seperti kita yang jijik dengan kamar mandi yang kotor. Karenanya seringkali kucing memilih buang air di tempat lain karena litter box-nya masih kotor.

#9 Sabun

Selain baunya tidak disukai kucing sabun juga bisa membuat kucing keracunan. Maka kalau membersihkan tempat makan dan perlengkapan kucing lainnya bilas sabunnya sampai benar-benar bersih.

Jika kamu ingin meggunakan bau-bauan untuk mengusir atau mencegah kucing menempati area tertentu, gunakan bahan yang tidak beracun bagi kucing. Tapi belum tentu segala bau yang tertulis di artikel ini ampuh mengusir kucing. Kamu perlu mencoba-coba sampai menemukan bau yang paling cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *