CARA MEMBERIKAN OBAT, PADA KUCING

CARA MEMBERIKAN OBAT, PADA KUCING

Saat kucing sakit dan harus minum obat, terkadang kita bingung dan ragu malah akan menyakiti si kucinh, apalagi jika obatnya berupa pil. Membuat kucing peliharaan meminum pil adalah hal yang hampir tidak mungkin. Berikut adalah beberapa cara yang disarankan oleh dokter hewan atau pemilik kucing berpengalaman yang akan membuat hal tersebut lebih mudah bagi Anda dan kucing Anda.

1. Berlututlah di belakang kucing dengan kucing tersebut menghadap ke depan, membelakangi Anda.
CARA MEMBERIKAN OBAT, PADA KUCING
Dengan tangan kiri Anda di bawah tenggorokannya dan tangan kanan Anda memegang pil dan menggaruk lehernya, beri tekanan pada sudut mulutnya dengan ibu jari dan telunjuk dari tangan kiri Anda.

2. Saat mulutnya terbuka, masukkan pil agar mendarat sejauh mungkin.


Tutup mulutnya, dan gosok tenggorokannya ke arah bawah beberapa kali, dengan menjaga mulutnya tertutup sampai Anda melihatnya menelan.

  1. Hancurkan pil menjadi bubuk yang sangat halus.

    Kemudian cobalah untuk mencampurkannya dengan makanan kesukannya. Pastikan untuk bertanya kepada dokter hewan mengenai makanan yang sesuai sebelum melakukan hal ini. Keju krim cukup baik, tapi Anda juga bisa mencoba makanan bayi (terutama jika kucing Anda alergi susu). Sosis hati baik bagi kucing yang menyukainya.

    Pastikan untuk bertanya pada dokter hewan apakah pil tersebut aman diberikan jika dihancurkan sebelum melakukan hal ini.
  • Tempatkan pil pada sendok logam.
  • Tempatkan sendok logam lainnya di atas pil lalu tekan ke bawah.
  • Hancurkan pil dan biarkan bubuknya terkumpul rapi pada sendok tersebut.
  • Tersedia juga pemotong pil dan penghancur pil di toko-toko yang menjual perlengkapan hewan perliharaan.
  • Campurkan bubuk tersebut dengan sejumlah kecil makanan kucing, makanan istimewa atau cairan lain. Cairan dari kaleng makanan kucing yang basah juga bagus.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *