Kesehatan Anjing

Cara Merawat Rambut Indah Shih Tzu

Faktor nutrisi yang cukup dan seimbang dalam menerapkan manajemen kesehatan bagi anjing shih tzu merupakan factor yang penting, namun selanjutnya masih ada faktor pencegahan penyakit dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin, disamping melakukan pemeriksaan ke dokter hewan untuk melakukan vaksinasidistemper, hepatitis, leptospirosis, parainfluenza, parvovirus dan  yang tak kalah pentingnya adalah Perawatan grooming,perawatan kuku, dan rambut.

Mengingat rambut shih tzu yang cukup panjang dan lebat khususnya pada bagian wajah, hal tersebut dapat menggangu bagian wajah, Rambut di lipatan hidung bisa tumbuh dan mengarah ke bola mata dan dapat menggores kornea, hal ini cenderung menjadi masalah.

Rambut yang menyinggung harus dilepas dengan kliping, atau jika rambut ada dilipatan hidung dapat dilakukan operasi. Para dog lover dapat membiasakan diri untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap kelainan pada anjing shih tzu pada saat melakukan grooming selain itu juga dapat melakukan pemeriksaan organ tubuh meliputi mata, telinga, mulut, kulit, alat kelamin, kaki, dan kuku untuk melihat kelainan.

Faktor terakhir yang berpengaruh terhadap kesehatan anjing shi tzu adalah sanitasi lingkungan. Tindakan menjaga lingkungan agar selalu sehat dengan mencegah penularan penyakit dari  berbagai sumber resiko penularan dari lingkungan dengan melakukan sanitasi dan desinfeksi dengan melakukan penyemprotan pada lingkungan kandang secara teratur setiap hari dengan menggunakan air yang telah dilarutkan desinfektan didalamnya. Selain itu pembersihan dan pencucian secara teratur pada tempat pakan dan minum, serta mengganti dengan pakan dan minum yang baru.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya zat-zat berbahaya yang muncul pada pakan saat pakan atau minum sudah terpapar cukup lama dilingkungan, tak kalah penting dengan menjaga agar lingkungan kandang tetap kering dan cukup akan ventilasi udara dan pencahayaannya. Dengan terlaksananya manajemen pemeliharaan yang baik, anjing shih tzu akan tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta jauh dari resiko paparan penyakit. (Malik Abdul Jabbar Zen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *