CAT LOVERS KARAWANG (CLK)

Berawal dari lima orang penyayang kucing, Indah, Akbar, Septian, Ibe Iwan, Andrian yang memiliki visi dan misi yang sejalan dan sepuluh orang pertama tepat pada 17 September 2017 Cat Lovers Karawang (CLK) terbentuk, dan disahkan Oleh Karawang Animal Lover (KANAL).

Tujuannya adalah agar cat lovers di sekitar Karawang memiliki wadah untuk saling berbagi ilmu atau cara merawat anabul, pemeriharaan hewan serta menyadarkan masyarakat agar peduli terhadap kucing jalanan.

Meski baru dua tahun berdiri, sudah banyak kegiatan yang CLK gelar untuk mempererat jalinan silaturahmi catlovers, “sejauh ini alhamdulillah  sudah beberapa event kita laksanakan, seperti vaksin subsidi bekerja sama dengan Dinas Pertanian Bidang peternakan Karawang & Puskeswan (Puskesmas Hewan) Karawang dalam kegiatan-kegiatan posyandu juga steril jantan gratis dan vaksin rabies. Yang rutin kita laksanakan gathering setiap sebulan dua kali dan juga “cat food on the road,” ujar Indah Prasiska selaku founder CLK.

Bukti keseriusannya dalam berbagi ilmu untuk merawat anabul, terhitung setelah tiga tahun CLK  berdiri sudah 3 kali mengadakan event besar seperti  Karawang Fun Cat, Saatnya Vaksin Untuk Karawang,  1st Anniversary CLK Saatnya berbagi Saatnya Berbakhti. Dan juga sudah 2 kali melaksankan Grooming lesson secara geratis, untuk cl dikarawang yang bekerja sama dengan Master Grooming Caca Groming& Warnemo.“Jadi kita edukasi tidak asal, kita datang pada ahlinya, untuk kesehatan dan perawatan kita juga selalu konsultasi dengan dengan drh. Loisa, Msi  dan  Tim” tutur Indah.

Saat ini CLK sudah memiliki 112 member aktif dan juga 16 pengurus inti. Dalam melakukan kegiatannya CLK juga telah menjalin kerjasama dengan 2 klinik hewan (Klinik Hewan Galuh Mas Drh.Loisa MSi & Tim, Puskeswan)rekanan serta 5 petshop rekanan(Mueeza Petshop Cikampek, QQ petshop Kosambi, Chemong Petshop Cikampek, Jaya Kelincy Petshop, Farco Petshop Dengklok, Warnemo).

CAT LOVERS KARAWANG

Untuk anggota CLK sendiri memang mayoritas cat lovers yang berasal dari Karawang, namun ada juga beberapa member yang berasal dari Cikarang, Subang dan juga Bekasi.Indah juga menuturkan, pada dasarnya CLK merupakan komunitas pemeliharaan bukan komunitas untuk rescue, namun jika mendapati hewan yang butuh ditolong maka CLK akan membantu arahkan atau sarankan untuk obat-obatan, dan jika kasus besar diperlukan tindakan medis atau operasi  biasanya akan dirujuk ke CLOW dengan syarat dan ketentuan berlaku dengan Konfirmasi terlebih dahulu dengan  member clow di Karawang  Teh Putri Anita Mustika dan mendapatkan persetujuan dari ketua CLOW – Bimbim Cat. Sementara untuk kegiatan sterilisasi kucing jantan Gratis biasanya di Puskeswan. Untuk syarat mengikuti sterilisasi, diutamakan yang sudah bergabung di grup facebook Cat Lovers Karawangdan tentunya juga yang berdomisili di Karawang.


Bagi cat lovers yang ingin mengikuti gathering dan bergabung dengan CLK, biasanya CLK mengadakan gathering di Taman Singaperbangsa Karawang,atau taman I love Karawang Dan Loby KCP. Biasanya CLK juga mengisi sesi gathering dengan edukasi mengenai :
1. Cara pemberian pakan yang benar

  1. Pemberian vitamin
  2. Cara grooming (membersihkan kuku, telinga, mata, bulu kaki dan gigi)
  3. Penting nya dan manfaat steril
  4. Edukasi penting nya Vaksin F3, f4, Rabies dan vaksin tahunan.
  5. Edukasi Stop Animal Abuse “Jika tidak menyukai Kucing, Setidaknya jangan menyiksa”
  6. Mengajak masyarakat dan CL untuk membawa makanan kucing, dan selalu memberikan makan kucing jalanan setiap saat ketika ketemu kuting jalanan.“Banyak hal menarik yang bisa cat lovers dapatkan seperti edukasi setiap ghatering ke pengguna jalan atau ke masyarakat yang sedang berolah raga untuk lebih peduli pada hewan khususnya kucing, serta kita mengajak masyarakat setidaknya jika tidak menyukai jangan menyiksa,” , Dan juga mengencarkan tentang STOP MENYIKSA KUCING pasal 302 KUHP-Perlindungan satwa, dan Juga edukasi Ke Sekolah sekolah,ungkap Indah.Indah juga berharap, kedepanya semakin banyak masyarakat yang sadar dan peduli terhadap kucing domestik maupun kucing jalanan, serta tidak menyiksa.

“Fokus kami tidak membeda-bedakan jenis kucing baik ras atau kucing domestik, semuanya sama dimata kita, dan juga kami sedang gencar edukasi steril untuk menekan dan mengontrol populasi kucing  khususnya di Karawang,” tukas Indah.

Akun Instagram : @catlovers_karawang

Akun Facebook: Cat Loves Karawang

Pengurus Inti CLK :
Pembina : Ketua KANAL- Rudiana

Penasehat: Ono tarsono& Iwa Kusjiwa

Founder : Indah Prasiska, Akbar, Septian, Ibe iwan, Andrian

Ketua CLk : Andrian

wakil ketua : Iwan irnawan

Bendahara : Triska Handayani

Sekertaris: Sri Dewi Cahyani

 

Anggota Inti :

Ahmad Fauzi

Qurrotul  Ain

Restu Dwi Putra Utama

Ryan Rizki Winata

Doni Rahmadi

Wahyuni

Ajat Dadung

Widi Muliani

Dika Pramana
Tri Nova Lestari

 

Team Pendukung CLK:

Dadang Setiawan

Putri Anita Mustika

Fardian JK

Pandu Warnemo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *