CERMAT MEMILIH NUTRISI YANG DIBUTUHKAN KUCING

Tahukah cara memberi makanan yang tidak tepat pada kucing bisa mengakibatkan masalah kesehatan dan pada akhirnya akan mengurangi usia harapan hidup kucing. Salah satu cara terbaik untuk memberi protein yang diperlukan adalah dengan memasak sendiri makanan untuk kucing. Ini juga bisa dijadikan hiburan yang menyenangkan bagi mereka yang membuatnya. Yang harus catlovers ketahui adalah unsur-unsur penting dalam makanan kucing dan beberapa cara untuk memasaknya agar kucing mendapatkan nutrisi terbaik.

Kucing memerlukan nutrisi yang jauh berbeda dengan manusia, yang harus diperhatikan dan direncanakan dengan cermat agar kebutuhan makanannya terpenuhi. Kucing memerlukan makanan yang banyak mengandung protein dan lemak.

Kucing bahkan memerlukan protein sebanyak dua kali lipat dari yang dibutuhkan anjing. Sekitar 85 persen makanan yang dibutuhkan oleh kucing harus berbentuk daging, jeroan, lemak, dan tulang. Sedangkan 15 persen sisanya dalam bentuk sayuran, daun-daunan, dan makanan berserat.

Apa saja nutrisi  yang dibutuhkan kucing setiap hari?

Catlovers harus menyediakan air bersih sebagai air minum yang mudah diakses dan tersedia setiap saat), protein (kebanyakan kucing tidak mau melahap makanan yang mengandung protein kurang dari 20 persen), lemak (kucing memerlukan lemak untuk mendapatkan energi, asam lemak penting, asupan vitamin yang larut dalam lemak, dan rasanya), vitamin A (kucing membutuhkan vitamin ini dalam dosis yang memadai.

Vitamin ini bisa ditemukan dalam telur, hati, dan susu tetapi harus digunakan secara hati-hati), vitamin B (kucing memerlukan vitamin B dan akan melahap ragi apabila muncul tanda-tanda kekurangan vitamin ini, seperti demam atau hilangnya nafsu makan selama beberapa hari), vitamin E (vitamin E diperlukan untuk mengurai lemak tak jenuh dalam makanan kucing), serta kalsium (ini merupakan bagian penting yang digunakan untuk membangun dan memelihara tulang kucing).

Taurine merupakan asam amino yang juga merupakan bahan penting dalam makanan kucing. Makanan kucing buatan pabrik biasanya telah menyediakan taurine dalam jumlah yang mencukupi (baik dalam bentuk kering mau pun basah). Kucing berisiko kekurangan taurine apabila catlovers memberinya makanan buatan sendiri atau makanan vegetarian.

Kekurangan taurine pada kucing bisa mengakibatkan terjadinya degenerasi pada retina pusat, yang bisa menyebabkan kebutaan, serta gagal jantung. Jadi, taurine adalah bahan penting yang harus ada dalam makanan kucing.

Kucing yang memiliki tahap kehidupan yang berbeda bisa memerlukan jadwal makan dan jenis makanan yang berbeda pula. Meskipun hampir semua kucing bisa mengatur asupan makanan dengan cukup baik, ada sejumlah kasus yang mengharuskan Anda untuk mengatur asupan makanan untuk kucing catlovers.

Anak kucing harus diberi makan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari mulai dari usia enam minggu hingga tiga bulan. Menjelang umur enam bulan, makanannya bisa dikurangi menjadi dua kali dalam sehari. Sementara kucing yang telah dewasa boleh makan sesuka hati, dan melahap makanan sepanjang hari, namun apabila ini tidak memungkinkan, berilah makan beberapa kali dalam sehari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *