Jenis Anjing

CIHUAHUA SI MINI YANG CERDAS

Cihuahua merupakan jenis ras atau jenis anjing yang paling kecil apabila dibandingkan dengan jenis anjing lainnya. Memiliki bulu yang pendek dan cenderung mengarah seperti botak, dan merupakan peliharaan banyak orang karena ukurannya yang lucu.

Jenis anjing ini memiliki beberapa masalah kesehatan yang harus ditangani, seperti keemungkinan mengalami gejala-gejala yang sifatnya neurologis, seperti epilepsi dan juga kejang-kejang.

Karakteristik Cihuahua

Nama ras             : Cihuahua

Negara asal         : Mexico

Usia                       : Berkisar antara rentang usia 10 hingga 18 tahunan

Kepribadian        : Merupakan jenis anjing yang tergolong waspada dan juga berani meskpun memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, mudah dipelihara dan juga diajak bermain, cenderung galak terhadap orang asing.

Berat badan         : berkisar antara 1.5 hingga 3 kilogram saja

Warna                   : kebanyakan berwarna coklat kekuningan, putih, warna krem dan juga beberapa jenis memiliki warna keemasan.

Pemanfaatan     : Hewan peliharaan, teman bermain anak-anak, sebagai anjing kontes kecantikan dan juga kontes ketangkasan. Ukurannya yang kecil membuat anjing cihuahua seringkali dibawa majikannya berpergian kemanapun dengan cara digendong ataupun didiorong dnegan kereta bayi.

Selain menjadi teman serumah yang manis, Chihuahua adalah pelajar yang cerdas dan cepat. Mereka bisa bersaing dalam uji kelincahan dan ketaatan dengan tingkat antusiasme dan kesuksesan yang sama dengan anjing yang lebih besar. Mereka adalah anjing-anjing kecil yang degil. Kunci keberhasilan melatih Chihuahua terletak pada kemampuan Anda untuk membujuk mereka bahwa persaingan -atau sekedar melakukan tugas yang Anda minta- adalah hal yang menyenangkan. Gunakan pendekatan positif dalam bentuk pujian dan imbalan makanan ketika melatih Chihuahua. Dia tidak akan menanggapi perlakuan kasar.

Penting bagi doglovers untuk memperhitungkan ukuran kecil Chihuahua. Anjing ini adalah penjelajah yang berani dan penuh rasa penasaran. Mereka bisa kabur dari pekarangan melalui celah-celah kecil di pagar dan dapat masuk ke tempat-tempat sempit yang tidak bisa dimasuki anjing kecil lainnya. Dan meskipun mereka cenderung berkuasa, mereka bisa terluka secara tak sengaja oleh anjing yang lebih besar dan kasar.

Chihuahua tidak dianjurkan dipelihara di rumah yang memiliki anak-anak di bawah usia delapan tahun, alasannya adalah karena kemungkinan cedera oleh anak kecil. Terlepas dari situasi keluarga Anda, mensosialisasikan Chihuahua pada anak-anak, orang dewasa, dan hewan lainnya amatlah penting. Chihuahua selalu curiga terhadap orang asing, yang menjadikan mereka anjing pengawas yang baik, tetapi mereka juga perlu diajari cara menyambut orang lain dengan ramah.

Penting juga untuk diingat bahwa Chihuahua cenderung lupa bahwa mereka kecil dan akan melawan anjing agresif yang ukurannya lebih besar. Karena itulah, Chihuahua perlu pengawasan tinggi jika berada dalam situasi baru, ketika mereka berada di jalanan, atau ketika mereka berada di halaman.

Kepribadian dan ukuran Chihuahua yang unik membuat mereka cocok jadi pendamping yang setia. Orang-orang yang hidup dengan Chihuahua akan setia kepada mereka. Banyak yang bilang jika Anda bisa hidup bersama dengan seekor Chihuahua, maka Anda tidak akan memerlukan anjing jenis lain sebagai teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *