CYMRIC KUCING DENGAN KARAKTERSTIK UNIK

Cymric (dibaca kim rik) merupakan salah satu kucing ras, karateristik sifatnya menurut beberapa orang sedikit mirip dengan anjing yaitu suka menggeram terhadap sesuatu yang mengganggunya. Sifatnya yang lain adalah menyukai benda-benda yang bersinar seperti cahaya.

Cymric dari sisi fisiknya mirip dengan jenis kucing Manx. Yang membedakannya hanyalah panjang bulunya. Bahkan karena miripnya ada yang menduga bahwa ras kucing ini adalah hasil persilangan antara Manx dengan Persia. Dari beberapa fakta sejarah Ras Manx dan Cymric berasal dari pulau kecil yang berada di tengah dua negara besar inggris dan irlandia. Namun perkembangan jenis kucing ini malah baru dimulai pada sekitar 1960.

Saat itu ada dua orang peternak Kucing yang pertama Falteisek dari Negara Amerika yang kedua Blair Wright dari Negara Kanada. Mereka berdua memutuskan merawat, memelihara dan mengembangkanbiakan Ras kucing Cymric, agar standar dan sifat genetiknya Ras Cymric Sempurna, dan berharap dapat diakui oleh organisasi Pendaftaran Kucing. Sebelumnya kucing ini bernama Longhaired Manx. Kemudian atas kesepakatan tahun 1989/1990 diganti menjadi Cymric, dalam bahasa Inggris berarti Wales.

Karakter fisik yang khas dari kucing ras ini pasti memiliki ekor yang pendek dibanding kucing manx. Untuk lehernya sangat tebal bahkan terlihat kecil kepalanya dibandingkan lehernya.

Berikut Karakteristik kucing Cymric :

  1. Mempunyai bulu panjang.
  2. Jika Kita lihat Ekor pendeknya atau tanpa ekor.
  3. Warna bulu disekitar hidung sama dengan warna bulunya.
  4. Berleher tebal, pendek dan mata besar, bulat meskipun warnanya tidak sama dengan warna bulunya.
  5. Memiliki ukuran telinga sedang, telinga bagian bawah melebar dengan ujung melengkung, letak keduanya berjauhan.
  6. Macam bentuk ekor yang dihasilkan Kucing Cymric yaitu: dimple rumpy atau rumpy “tanpa memiliki ekor sama sekali”,  rumpy riser atau Riser (mempunyai sedikit ekor terletak dipangkalnya), Stumpy (memiliki ekor parsial, lebih panjang dari rumpy tapi lebih pendek dari longy), Longy (panjang ekor jika normal)
  7. Ukuran badan kucing cymric tinggi, relatif pendek dibandingkan ras Kucing lain, dengan dada lebar dan tulang punggung melengkung sampai pinggul. Letak pinggul lebih tinggi dari bahu karena kaki belakang lebih panjang dan lebih kuat dari kaki depannya.
  8. Kepala bundar dan pipi menonjol berbulu samping.

 

Untuk warna kucing ras ini cukup bervariasi namun perlu diketahui setiap warna kucing ini pasti relevan dengan warna bulu disekitar hidung. Telinganya berukuran sedang dengan mata yang bulat dan besar. Nah, uniknya ras ini adalah terdapat pada ekor yang pendek dan memiliki klaster tersendiri untuk mebedakan jenisnya.

Untuk seekor kucing cymric tanpa ekor diberi nama dimple rumpy, selanjutnya stumphy adalah sebutan bagi kucing cymric dengan ekor parsial, dan terakhir bisa disebut long dengan ekor hampir pada ukuran normal. Badanya cukup sedang dan relatif tinggi dan dadanya lebar dengan pinggul yang sangat lucu. Ditambah dengan kaki kaki mungil dan besar menambah keunikan ras ini.

Sifat Cymric

Keunikan kucing ini yang menjadikanya populer bukan saja keberadaan fisiknya, tetapi kepribadian dan sifatnya yang sua sekali mengikuti pemiliknya menjadi alasan kuat bagi banyak orang untuk memelihara ras ini. Bahkan, sebagian pemilik kucing ras ini menganggap ras cymric mirip dengan anjing. Apalagi, ketika adanya gangguan baik itu dikerjai, atau hewan lainya kucing ini akan menggeram selayaknya anjing.

Jika semakin keras geramnya berati dia tidak suka semakin tinggi. Terpenting dalam memelihara ras cymric ini adalah selalu waspada dengan barang barang dirumah anda yang mengkilap. Karena, ras cymric sangat suka dengan barang mengkilap seperti perhiasan, kelereng, perak atau medali untuk dijadikanya sebagai koleksinya.

Cara Perawatan

Sebagai salah satu hewan peliharaan, kucing ras cymric ini perlu dirawat dengan ketentuan sebagai berikut. Ras cymric tidak suka dikekang dan di kandangankan begitu lama. Sehingga perlu di ketahui bahwa ras ini juga sangat aktif bahkan bisa menagkap seekor tikus dirumah anda seperti selayaknya kucing rumahan biasa.

Jika sudah menggerang dengan waktu lama di dlam kandang segera keluarkan agar tidak stress dan terjadi sakit. Berikan asupan gizi pada ras ini dengan makanan alami saja, jangan terlalu diberi makanan kucing dengan textur basah. Karena, jika terlalu sering mengakibatkan bulunya cepat rontok. Untuk merawat bulunya, kucing ras ini perlu disisir 2x dalamseminggu agar kotoran tidak mudah menempel pada bulu.

Harga

Secara klasifikasi harga kucing cymric sendiri belum pasti diketahui sebagai patron dipasaran. Kedekatanya dengan kucing manx merupakan alternatif untuk menentukan harga ras ini. Kisaran harga yang ditawarkan untuk mendapatkan ras cymric dengan membayar mahar sebesar 3-6 juta per ekor kucing cymrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *