Peristiwa

Depok Gelar Vaksin Rabies Gratis

Untuk memperingati hari jadi kota Depok ke 20 yang jatuh pada tanggal 27 April 2019. Pemerintah Kota Depok menggelar vaksin rabies gratis untuk warga Depok. Acara yang digelar di kantor Walikota Depok pada Rabu 24 April 2019 ini berhasil menarik antusias pencinta kucing dan juga anjing di Depok.

Registrasi peserta dibuka sejak pukul 08.00 WIB, banyak sekali warga yang rela datang lebih pagi agar hewan peliharaannya bisa terdaftar dan mendapat vaksin  rabies gratis.

Meri warga Depok yang mendaftar vaksinasi rabies gratis

Seperti yang diutarakan oleh Meri warga Depok yang datang bersama kucing kesayangannya, “Saya sengaja datang lebih awal agar bisa ikut berpartisipasi dalam pemberian vaksin gratis ini, apalagi ini pertama kalinya kucing saya divaksin.”

“Alhamdulillah, acara berjalan lancar, peserta cukup membludak. Sebelumnya yang daftar sebanyak 400 pencinta binatang, tetapi yang datang ternyata lebih dari itu. Namun, tidak jadi masalah karena kita juga menambah persediaan vaksin segera mungkin,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok Diah Sadiah, Rabu (24/4)

Lebih lanjut Diah menjelaskan vaksinasi bertujuan meminimalisir penularan penyakit rabies dari hewan kepada manusia, yang ditularkan melalui gigitan. “Sebelum disuntik, hewan ditimbang berat badannya untuk menentukan dosis vaksin,”

 Pencegahan Rabies
Rabies atau yang dikenal juga dengan istilah “anjing gila” adalah infeksi virus pada otak dan sistem saraf. Penyakit ini tergolong sangat berbahaya karena berpotensi besar menyebabkan kematian.

Hingga saat ini belum ada metode yang secara pasti dapat mengatasi rabies yang telah menimbulkan gejala. Namun, penanganan rabies sudah dilakukan sejak pasien tergigit hewan penular yang diduga membawa virus rabies dan belum ada gejala yang muncul.

Penanganan yang dilakukan dapat berupa pemberian imunogulobin (serum) atau vaksin anti rabies. Pemberian serum atau vaksin bertujuan untuk membantu tubuh dalam melawan virus penyebab infeksi pada otak dan sistem saraf.

Penularan Rabies
Virus penyebab rabies ditularkan oleh anjing melalui gigitan, cakaran, atau air liur. Namun, terdapat pula hewan lain yang dapat membawa virus rabies dan menularkannya ke manusia, seperti kucing, kera, musang, bahkan kelinci.

Pada kasus yang tergolong sangat jarang, penularan virus rabies juga dapat terjadi dari manusia ke manusia, melalui transplantasi organ.
Gejala rabies biasanya muncul sekitar 4-12 minggu setelah pasien tergigit hewan yang terinfeksi. Gejala awal yang muncul meliputi:

  • Demam
  • Otot melemah
  • Kesemutan
  • Sakit Kepala
  • Takut terkena cahaya

Terdapat gejala lanjutan yang dapat muncul pada penderita rabies. Gejala lanjutan tersebut merupakan penanda bahwa kondisi pasien semakin memburuk. Maka sebaikanya untuk petlovers, segera lakukan pencegahan dini dengan vaksin agar hewan kesayangannya terhindar dari rabies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *