Disperpa-PDHI Jateng 3 Gelar Penyuluhan dan Vaksin Rabies Gratis

Memperingati World Rabies Day yang jatuh pada tanggal 28 September, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang melalui UPT Klinik Hewan dan Laboratorium Kesehatan Hewan yang bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Tengah 3 menggelar kegiatan Penyuluhan dan Vaksinasi rabies gratis untuk 200 ekor, yang dilaksanakan pada even Car Free Day (CFD) hari Minggu, 29 September 2019 di Lapangan Rindam Kota Magelang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 12 dokter hewan perwakilan PDHI Cabang Jateng 3 dan 10 orang petugas dari Puskeswan Kota Magelang.

Kepala Disperpa, Ir. Eri Widyo Saptoko,MSi yang disampaikan Kepala UPT Klinik Hewan dan Laboratorium Keswan, drh Heru Trisusila menyatakan kegiatan tersebut untuk mendukung program Provinsi Jawa Tengah bebas penyakit rabies. Guna menyukseskan acara tersebut, Disperpa menyediakan 200 dosis vaksin rabies yang diberikan secara cuma-cuma. Sebanyak 88 ekor terlayani, terdiri dari kucing 51 ekor, anjing 35 ekor, kera 1 ekor dan musang 1 ekor. Sisanya akan dilaksanakan di Puskeswan Kota Magelang hingga 200 dosis terpenuhi.

BACA JUGA:   Opening IIPE 2018 Suguhkan Tari Anjali dari Bali

Antusiasme masyarakat Kota Magelang terlihat dari pengunjung yang memadati stand Disperpa Kota Magelang, baik untuk mengantri check up, vaksinasi, mendengarkan penyuluhan, konsultasi kesehatan hewan bahkan sekedar untuk foto pada booth yang telah disiapkan.

Perayaan Hari Rabies Sedunia tersebut menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit zoonosis rabies yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Rabies merupakan penyakit yang paling mematikan didunia dengan tingkat kematian 99% setelah gejala klinis muncul. Penularan penyakit dapat terjadi melalui luka gigitan, jilatan pada luka terbuka, selaput lendir dan saliva dari penderita rabies. Untuk mengurangi resiko tersebut, faktor perawatan dan pemeliharaan hewan yang baik, terutama vaksinasi menjadi aspek penting untuk pencegahan penularan rabies.

BACA JUGA:   IIPE (Indonesia International Pet Expo) 2019

Melalui program vaksinasi rabies gratis, sosialisasi dan edukasi yang melibatkan masyarakat luas, komunitas, pemerintah dan non pemerintah sangat penting untuk meningkatkan pemahaman mengenai rabies serta pengendalian penyakit berkelanjutan yang diharapkan dapat memutus mata rantai penyakit rabies.

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *