Jenis Anjing

Great Dane

Great Dane adalah salah satu jenis anjing tertua yang bertahan hingga saat ini. Dikenal juga dengan nama German Mastiff karena perawakannya yang besar, jika anjing ini tidak dilatih dengan benar maka anjing ini dapat cukup membahayakan. Walaupun kasus serangan anjing jarang melibatkan spesies ini, mereka pada awalnya justru dikembangbiakkan dengan tujuan dijadikan hewan pemburu.

Arkeolog telah menemukan gambar dan catatan mereka di artefak dan teks figuratif dari Mesir kuno yang berusia lebih dari 5000 tahun. Tokoh tentang mereka di kuil Babilonia lebih dari 4000 tahun yang lalu dan dalam teks-teks kuno Tiongkok lebih dari 3000 tahun yang lalu. Munculnya jenis anjing ini mungkin akan jauh lebih lama, mungkin sekitar 7000 tahun yang lalu, membuat mereka, bersama dengan jenis anjing Tibet, jenis anjing tertua yang bertahan sampai sekarang.

Meskipun dikenal sebagai anjing berkembang biak Eropa, ada bukti kuat bahwa anjing Great Dane berkembang biak berasal dari dataran tinggi Tibet. Dan meskipun penampilan mereka sangat berbeda, Great Dane dan Tibet adalah keluarga yang sangat dekat, berdasarkan peta gen. Great Dane kemudian menyebar ke dunia oleh kekaisaran Asyur melalui penaklukan dan invasi. Mereka membawa anjing ini berkembang biak ke Yunani, Mesir, Roma, dan di seluruh Eropa pada zaman kuno. Great Dane juga diyakini sebagai nenek moyang langsung dari banyak jenis anjing Eropa saat ini.

Poto by Pixabay

Great Dane memiliki kepala yang sedikit lebih kecil dibandingkan tubuhnya. Dahi besar, mata kecil, hidung besar, dan mulutnya lebar dan sangat persegi. Telinganya panjang dan terkulai di pipi, tapi banyak pengumpul anjing lebih suka memotong dan memangkas telinga Great Dane agar bisa memiliki telinga yang lebih baik. Sebagai anjing pemburu, Great Dane juga sering memotong telinganya agar telinganya tidak robek oleh babi hutan yang tajam. Great Dane memiliki dada besar, bahu lebar, kaki yang sangat panjang, tendon dan kaki yang sangat berotot.

Meski asalnya adalah anjing pemburu yang besar dan agresif, Great Dane modern sangat ramah, lembut dan dekat dengan manusia. Alasannya adalah bahwa, pada akhir abad ke-19, perburuan bukan lagi olahraga yang modis dengan bangsawan, sehingga breed anjing Great Dane dibesarkan dengan cara yang lebih lembut untuk mengakomodasi populasi domestik dan residensial. Great Dane sering tidak sadar akan orang asing dan sering tidak digunakan sebagai penjaga atau penjaga anjing, namun bisa menyerang secara agresif jika dia merasa terancam. (Vira)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *