HEWAN KESAYANGAN TAK TULARKAN COVID 19

Desas-desus awal mulai virus corona atau COVID 19 berasal dari penularan kelelawar, namun muncul beberapa keraguan dalam beberapa penelitian lanjutannya, karena biasanya virus disebarkan oleh burung.

Tentu saja hal ini sempat menimbulkan keresahan bagi petlover akibat informasi yang beredar di masyarakat tentang potensi penularan virus corona dari hewan ke manusia.

Hingga akhirmya organisasi kesehatan dunia atau WHO menyampaikan informasi, bahwa virus corona tidak ditularkan oleh hewan peliharaan. Memang terdapat data yang menunjukan bahwa virus penyebab virus corona mempunyai kedekatan genetik dengan virus yang terdapat pada kelelawar. Namun masih perlu studi lebih lanjut untuk memastikan perannya dalam penularan.

Drh. Theresia Audita berujar “COVID 19 yang saat ini sedang pandemik di dunia disebabkan oleh SARS-Vov 19 yang merupakan jenis corona virus dari kelompok coronaviridae. Pada hewan kesayangan ada penyakit yang disebabkan oleh coronavirus namun jenisnya berbeda dengan coronavirus yang menyebabkan COVID 19. WSAVA (World Small Animal Veterinary Association) menyatakan hingga saat ini belum ada bukti bahwa COVID 19 yang terjadi di manusia dapat ditularkan oleh hewan kesayangan,” ungkap dokter hewan dari Matahari Sakti pada redaksi, Rabu 18 Maret 2020.

Drh. Theresia Audita dari Matahari Sakti

PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ) juga menyampaikan pernyataan resminya agar masyarakat tidak perlu khawatir terhadap hewan kesayangan yang dimiliki seperti anjing dan kucing, dan menghimbau agar tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan kesejahteraan hewan, seperti membuang atau menelantarkan hewan kesayanganya.

Jadi petlovers tidak perlu khawatir ya, namun tetap harus waspada untuk menjaga kebersihan kandangnya dengan cairan desinfektan, menjaga kebersihan tubuh  serta memperhatikan kesehatan hewan kesayanganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *