Komunitas

Himpro HKSA, FKH IPB

Himpro HKSA, FKH IPBHimpunan Profesi Hewan Kesayangan dan Satwa Aquatik Eksotik atau biasa disingkat sebagai Himpro HKSA merupakan salah satu dari 4 himpunan profesi yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (FKH IPB). Berbeda halnya dengan komunitas yang umumnya didasari oleh rasa ketertarikan atau minat dan habitat yang sama, himpunan profesi lebih ditujukan sebagai wadah untuk pengembangan mahasiswa di bidang tertentu untuk selanjutnya dapat berkontribusi di masyarakat.

Himpro HKSA sendiri memfokuskan diri pada berbagai aktivitas yang mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa FKH IPB sebagai calon dokter hewan, utamanya yang bergerak di bidang HKSA, peningkatan kesejahteraan HKSA, serta peningkatan wawasan masyarakat terkaitdengan HKSA. Kegiatan selama kepengurusan tahun 2018-2019 ini pun dibahas dalam gathering yang dilaksanakan pada Kamis, 7 Februari 2019 lalu.

Dalam upaya peningkatan keterampilan mahasiswa, berbagai kuliah dan pelatihan khusus dilaksanakan setiap tahunnya dengantopik yang berbeda – beda. “Tahun ini, kami berencana mengadakan kuliah terkait musang dan pelatihan terkait ikan budidaya” ujar Michella Hoseana Wijayaatau yang kerap disapa El, ketua Himpro HKSA periode 2018-2019. Selain itu, Himpro HKSA juga memfasilitasi magang ke beberapa klinik baik di wilayah Jabodetabek, PulauJawa, hingga ke luar Pulau Jawa. “Magang ini bersifat terbuka bagi seluruh mahasiswa FKH IPB dan tidak hanya terbatas pada mahasiswa yang tergabung dalam Himpro HKSA saja.” tambah El. Selain magang, Himpro HKSA juga memfasilitasi mahasiswa FKH IPB untuk mempelajari hewan secara langsung dari ahli – ahlinya melalui kunjungan lapang. “Tahun ini, kami berencana untuk melakukan kunjungan ke breeder anjingdan juga stable – stable kuda.” tambahFebri, wakil ketua Himpro HKSA periode 2018-2019.

Untuk tahun ini, Himpro HKSA juga membuat sebuah program kerja baru yang lebih diarahkan pada peningkatan kesejahteraan HKSA, utamanya kucing, di wilayah Kampus IPB Dramaga. Program tersebutdiberinamaSave Our Stray(SOS) yang merupakanperbaikandari program kerja sebelumnya Help Our Pets and Equine (HOPE) yang kurang terlaksana akibat banyaknya kendala. Program SOS ini rencananya akan memfasilitasi sterilisasi kucing liar di sekitar Kampus IPB Dramaga tanpa biaya sepeser pun. “Keuntungan yang kami berikan selain sterilisasi adalah subsidi pakan, pasir, dan juga vitamin selama perawatan kucing tersebut setelah dioperasi.” ujar El.

Di sisilain, peningkatan wawasan dan kepedulian masyarakat terhadap HKSA juga penting untuk ditingkatkan. Mengingat banyaknya isu – isu ketidaklaziman yang dilakukan terhadap hewan peliharaan yang baru – baru ini banyak terekam dalam media massa, untuk itu Himpro HKSA memiliki program tahunan unggulan berupa Pet Care Day yang aktif memberikan informasi dan menarik minat masyarakat awam. Melalui Pet Care Day inilah, Himpro HKSA dapat berkomunikasi secara leluasa dengan masyarakat luas baik petlovers maupun masyarakat yang belum mengenal hewan sama sekali. (Stephany)

 

Susunan Kepengurusan Periode 2018-2019

Ketua                                                  : Michella Hoseana Wijaya

Wakil Ketua                                        : Febri Rizki Abdurahman

Sekretaris                                            : Shila Rahmafia P

Bendahara                                           : Evelyn Nadya

Ketua Divisi

  • Eksternal : Caril Effendi
  • Internal : Ariqoh Amjady Anis
  • Kewirausahaan : Jasmine PuspaNagari
  • InfomasidanKomunikasi : RatuAesya Adiningtyas
  • Pendidikan : Elvina Nurfadhilah

Ketua Squad

  • HewanKesayangan             : NurulAisyah
  • Satwa Aquatik Eksotik : Priscilla Kiki
  • Kuda             : Ni Putu Indah Purnami

Sosial Media

  • Instagram : himprohksa
  • Line : @tsf6363o
  • Web : Hksa.lk.ipb.ac.id
  • Email : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *