Peristiwa

ICA GELAR INTERNATIONAL CAT SHOW DI JAKARTA

ICA (Indonesian Cat Association) menggelar International Cat show tahun pertama untuk di Jakarta 29-30 Juni 2019 di Kuningan City, namun sebelumnya catshow serupa juga telah digelar di Sidoarjo, dan akan dilanjutkan ke Gresik serta Semarang dalam waktu dekat, rencananya selama tahun 2019 ini ICA akan menggelar 9 cat show serupa di kota-kota besar di Indonesia.

Slamet Abdullah ketua ICA Jakarta

 

Peserta yang berpastisipasi sekitar 200 dan hadir dari berbagai wilayah Indonesia, seperti Surabaya, Samarinda, Bandung bahkan ada peserta asal Aceh,  Menghadirkan 2 Juri internasional yakni Charles Spijker dan Aleey Shchukin dari Belanda  dan 1 Juri dari Indonesia Russi Idroes. Ada beberapa kategori pemenang, diantaranya kategori Best Of  The Best, Best Indonesia, Best In variety, Best Male, Best Kitten.

Natalina Cristanto peserta asal Aceh yang mengikutsertakan kucing ras baru dan satu-satunya di Indonesia, yakni jenis osi cat yakni persilangan dari Abyssinian dan Siamese, kemudian anakannya dikawinkan lagi dengan Asian leopard yang menghasilkan Osi cat.

Natalina Cristanto peserta asal Aceh

“Kucing ini saya dapat dari Malaysia, karena di Indonesia belum ada dan ini juga kali pertama mengikuti international cat show saat usianya sudah satu tahun, karena sebelumnya masih terlalu kecil untuk ikut ajang serupa!”
Ciri khas dari Osi cat sendiri adalah, rangka besar, memiliki otot, dan memiliki pola totol (berbeda dengan pola bengal), memiliki telinga lebih besar dari Bengal dan ekor juga lebih panjang, dada yang bidang dan punduk yang lebih berotot.

Meski memiliki penampakan tubuh yang terkesan gahar, namun ternyata osi cat ini termasuk jenis kucing yang manja dan sangat suka berkawan, “kucing ini sangat cinta damai dan bersahabat, saat diberi makan dia akan mengalah membiarkan kucing lainnya untuk makan terlebih dahulu, baru kemudian menyusul,” ungkap Natalina.

 

Lain halnya Oki peserta asal Denpasar yang sudah sering kali menang kontes, kali ini kucingnya memenangkan kategori Best of The Best Variety untuk Kitten.

“Kucing bengal betina ini usianya baru 5 bulan namun sebelumnya juga sudah memenangkan kontes di Surabaya lalu lanjut ke kontes ke Jakarta ini,” ujarnya.

Saat ini Oki memiliki 17 ekor kucing Bengal, tidak heran karena ternyata Oki juga seorang breeder. Oki pun berencana setelah ini akan mengikuti kontes selanjtnya di Gresik dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *