JANGAN DISERANG, KUCING HANYA INGIN DISAYANG!

Kecintaan  Caroline Tanujaya atau yang akrab disapa Olin pada kucing bermula ketika sang Mama mengadopsi seekor kucing jalan yang dibawa pulang dan merawatnya, “Waktu itu aku masih duduk dibangku SD, awalnya biasa saja tapi lama-lama aku jatuh cinta” Ungkapnya.

Wajah lucu si kucing dan meongannya yang manja membuat dirinya memberi perhatian lebih pada kucing, tanpa sadar kini puluhan kucing meramaikan rumahnya.

Lima tahun lalu Olin belum mengenal Dokter Hewan, bersama sang Mama jika ada kucing-kucing yang sakit, hanya dirawat dirumah dan diberi obat herbal.

Namun setelah mencari tahu lewat internet, Olin sadar jika kucing perlu diperhatikan kesehatannya serta butuh vitamin dan vaksin agar tetap sehat.

Pernah ada kejadian saat menemukan kucing yang sakit dan butuh segera ditangani namun Olin tidak mempunyai dana yang cukup, akhirnya Olin meminta keringanan kepada klinik untuk melunasi biaya perawatan.

“Doker Nyomi adalah dokter pertama yang aku temui, saat itu aku nyerahin kartu pelajar untuk ditahan sebagai jaminan, tapi Dokter Nyomi menolak dan ngasih aku tenggat waktu untuk melunasi biaya pengobatan” tutrnya.

Saat itu masih sulit untuk mencari donatur, bahkan Olin sampai menjual aksesories untuk mendapatkan dana, kerena niat baik yang tulus untuk menyelamatakan kucing yang terlantar dan melihat perkembangan kucing yang akhirmya bisa survive, lama-kelamaan Olin pun banyak dikenal dikalangan Dokter Hewan dan memberikan kemudahan.

“Aku juga sempat heran, aku bawa kucing yang sakit ke klinik ternyata Dokternya kenal sama aku dan mengizinkan melunasi biayanya dengan dicicil” Tutur Perempuan yang lahir pada 26 Juni 1996.

Sekitar Desember 2015, melalui Facebook Olin mendapat info dari pecinta kucing lain, bahwa disekitar daerah pasar baru ada kucing disiksa orang tidak bertanggung jawab (kucing tersebut diberi nama Kuro).

Tidak menunggu lama karena lokasinya dekat rumah, Olin langsung mendatangi lokasi tersebut, saat ditemukan  keadaan Kuro sangat memperhatikan,

“Lehernya dipakein Ban ban bekas dan badannya sangat kurus!” Umbarnya.

Olin yang juga merupakan relawan Cat Rescue Indonesia (CRI) yang saat ini anggotanya sekitar 3000 orang, kemudian membagikan informasi melalui facebook dan mencari donatur untuk pengobatan Kuro.

Beruntungnya banyak pecinta kucing mau ikut serta dan berhasil mengumpulkan dana sebanyak 20 juta dari 60 orang donatur, biaya tersebut digunakan untuk perawatan Kuro selama 6 bulan.

Mencarikan Adopter

Selain menampung kucing-kucing yang ditemukan dijalan Olin juga berusaha mencarikan adopter, “Sebelum aku kasih ke adopter biasanya aku survei dulu ke rumah calon adopter” tegasnya.

Olin mengaku khawatir jika pada nantinya calon adopter tidak memperlakukan kucing dengan baik, maka sebelum memberikan lampu hijau pada calon adopter, Olin akan survei ke rumah adopter secara mendadak.

Setelah Olin merasa yakin, barulah calon adopter diberikan formulir adopsi yang ditandatangani diatas materai sebagai jaminan agar memperlakukan kucing adopsinya dengan baik.

Begitu pula dengan Kuro, sebulan sebelum masa karantinya selesai, Olin gencar mencarikan Adopter untuk Kuro, setelah melalui proses yang panjang dan persetujuan dari para donatur, akhirnya sejak 12 Juni 2016 Kuro dirawat oleh Yurrie Thenia yang tinggal di Malaysia.

Setelah kucing-kucing mendapatkan adopter, Olin tidak lepas tangan begitu saja sesekali Olin juga masih berkunjung untuk melihat perkembangan dan membagikannya lewat facebook agar donatur juga bisa memantau progress kucing yang sudah diadopsi.

Olin juga sudah mempersiapkan tabungan  sejak jauh-jauh hari untuk menjenguk Kuro di Malaysia, “Rencananya Maret atau April aku mau menjenguk Kuro, semoga nanti tabunganku cukup” Ujarnya.

Dia sengaja mengumpulkan uang dengan tabungan pribadi untuk menjenguk Kuro, karena tidak ingin merepotkan para donatur yang selama ini telah membantunya.

Jangan Pilih Kasih

Meskipun kucing yang ditampung Olin jumlahnya sudah puluhan, tapi Olin mengaku sangat sayang dan tidak ada yang diistimewakan “Dulu pernah aku punya satu yang aku favoritkan, Cuma akhirnya mati makanya aku trauma, mungkin yang lainnya juga merasa kalau aku pilih kasih, makanya jadi trauma” tukasnya.

Semenjak kejadian itu, Olin berusaha mencurahakan kasih sayangnya terhadap semua kucing yang Dia rawat tanpa ada yang dibedakan.

Begitupun terhadap kucing liar, Olin selalu menyediakan makanan kucing ditasnya yang nantinya Dia bagikan kepada kucing-kucing yang Dia temui di jalan.

Bagi catlovers yang ingin bergabung di Cat Rescue Indonesia, menjadi donatur atau Adopter bisa menghubungi melalui Facebook Cat Rescue Indonesia atau melalui Whatsapp di nomor 085885731258. (Vira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *