KENALI TANDA-TANDA KUCING KETIKA BERAHI

KENALI TANDA-TANDA KUCING KETIKA BERAHI

Bagi Catlovers yang baru saja mengadopsi dan merawat kucing pasti mengalami kebingungan bagaimana menenangkan anabulnya ketika masuk dalam fase berahi, apalagi dalam fase ini kucing akan lebih sering mengeong dan melakukan cat spraying (pada kucing jantan) sembarangan.

Kucing yang tidak disteril dan yang sedang berahi akan menjadi sangat berisik, gelisah, menggesek-gesekkan badannya pada orang dan benda-benda disekitarnya, serta berguling-guling di lantai. Jika catlovers mengelus-elus punggung bawah (pangkal ekor), kucing akan meresponnya dengan menaikkan panggulnya dan menggerakkan ekornya ke satu sisi.

Musim kawin yang normal bagi kucing adalah antara musim semi dan akhir musim panas. Kemungkinan mereka akan mengalami siklus berahi pada waktu-waktu tersebut. Namun catlovers juga perlu mencari tahu lebih lanjut apakah kucing catlovers memang sedang berahi atau sakit? Jika dia tampak gelisah, tetapi tidak menggesek-gesekkan badanny a pada sesuatu dan mengangkat ekornya ke samping, kemungkinan dia memang sakit. Bawalah kucing catlovers ke dokter hewan untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi.

– Jauhkan kucing betina Anda dari kucing jantan

Ketika kucing sedang berahi, dia akan tampak lebih bersemangat di hadapan kucing jantan. Jangan biarkan dia berkeliaran di luar sama sekali, dan tutup semua jendela dan kunci semua pintu, termasuk pet flaps (pintu kecil yang dipasang pada pintu/dinding rumah untuk keluar masuk binatang peliharaan). Untuk membuat kucing tetap tenang (dan mencegah dia bunting), catlovers harus juga menjauhkannya dari semua kucing jantan. Cara ini juga akan membuatnya tetap aman – dia mungkin akan mencoba untuk melarikan diri dari rumah Anda jika dia merasakan kehadiran kucing jantan yang ada di luar.

 

KENALI TANDA-TANDA KUCING KETIKA BERAHI

Jika catlovers juga memelihara kucing jantan di rumah yang sama, cari teman atau sewa jasa pengasuh kucing untuk membawanya keluar dari rumah  dan merawatnya selama beberapa minggu. Jika dua kucing, jantan dan betina, berada di tempat yang sama, mereka akan berperilaku liar, dan hampir pasti keduanya akan kawin. Jika kucing jantan terlihat dari jendela, tutup jendela dengan tirai atau selembar karton.

 

-Berikan sesuatu yang hangat untuk kucing Anda duduk

Meskipun tidak menjamin keberhasilannya, beberapa orang mendapati bahwa dengan memberikan kucing sebuah heat pack (semacam alat untuk menghangatkan tubuh), atau sebuah handuk basah yang hangat untuk kucing duduki akan membuatnya diam dan tenang. Sebuah heat pack yang bisa dihangatkan dengan menggunakan microwave bisa menjadi pilihan termudah, karena dapat menghangatkannya kembali dengan cepat ketika kucing mulai berulah lagi. Sebuah heat pad elektrik /selimut juga merupakan pilihan yang tepat.

-Gunakan catnip 

Setiap kucing akan memberikan respons yang berbeda terhadap catnip. Beberapa kucing akan menjadi santai dan tenang ketika diberi catnip, tetapi kucing yang lain bisa menjadi bersemangat dan agresif.  Jika Anda tidak tahu bagaimana kucing Anda merespons catnip, hindari cara ini, karena mungkin akan justru membuat situasi menjadi lebih buruk.

Harap diingat bahwa cara cepat untuk menenangkan kucing seperti ini sifatnya hanya sementara, namun catlovers bisa mendapatkan ketenangan selama satu atau dua jam.  (Meri)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *