KENAPA KUCING MENGHILANG SEBELUM AJAL DATANG?

Catlovers pernahkah kalian memerhatikan ketika kucing yang sedang tidak sehat? Mereka cenderung tidak bergairah dan menghindar ketika hendak didekati. Bahkan, beberapa mengatakan kucing akan bersembunyi menjelang ajal menjemput. Benarkah demikian?

Dilansir The Nest, Selasa (2/6/2020), seekor kucing yang sakit akan berusaha menjaga dirinya sendiri. Kucing secara naluriah bersembunyi ketika mereka sakit atau sekarat. Berikut 4 penjelasan mendetail tentang perilaku kucing tersebut.

1. Untuk menghindari bahaya

Terlepas dari kehidupan nyaman yang diberikan owner di rumah, kehidupan kucing tetaplah berbahaya sehingga mereka haruslah berjuang sendiri karena bisa dengan mudah menjadi mangsa hewan lainnya.

Saat kucing sakit atau sekarat, ia akan rentan, dan kucing tahu hal itu. Di alam liar, mereka harus bersembunyi dari penyerang karena terlalu lemah untuk membela diri. Bahkan meskipun di rumah, ia akan merasakan hal yang sama dan melindungi dirinya sendiri dengan bersembunyi.

2. Insting

Di alam liar, biasanya kucing hidup sendiri, karena ia bukanlah hewan yang berkelompok. Sehingga ia tidak memiliki siapapun sebagai tempat untuk bergantung kecuali dirinya sendiri.

Jadi sesayang apapun owner kepadanya, tetap saja naluri kucing mengatakan bahwa tidak ada gunanya mencari bantuan orang lain. Jadi, catlovers sudah seharusnya memberikan perhatian ketika melihat perilaku kucing yang tidak seperti biasanya.

Tatapan penuh cinta kucing kepada ownernya

3. Menandakan ada yang tidak beres

Biasanya kucing yang sakit atau sekarat perilakunya akan berubah, misalnya ia tampak tertekan, dan memilih tidur lebih sering serta menolak tawaran untuk bermain.

Beberapa kucing juga makan lebih sedikit dan bahkan tidak makan sama sekali. Juga banyak kucing yang menunjukkan keagresifannya saat kita membelainya.

4. Merawat kucing lansia

Kucing biasanya bisa hidup paling lama 16 tahun di alam liar, atau jika di rumah dia bisa hidup hingga 17 tahun. Jadi buat kucing yang sudah cukup tua, penting bagi pemilik untuk membuatnya nyaman dengan mengurangi stres.

Misalnya, memberikan selimut atau kaus kaki milik Anda, ini agar meskipun tidak berada di dekatnya namun terasa seperti dekat. Membersihkan dan menyisir bulunya juga membantu karena biasanya kucing yang sakit dan lemah tidak bisa merawat dirinya sendiri.

5. Agar Ownernya Tidak Sedih

Tahukah catlovers, ada bahasa cinta yang sering kucing tunjukkan kepada sang owner, namun tentu sadar atau tidak, kita sebagai manusia tidak sadar maksud dari berbagai gesture bahasa cintanya, misalnya saja ketika kucing memberi pijatan lembut kepada owner, yang menandakan bahwa sang owner sudah ditandai sebagai “aset kepemilikan” baginya.

Maka ketika kucing merasa sekarat dan akan pergi dari sang owner, tentu hal ini akan membuat ownernya terpukul dan bersedih. Menghindari hal tersebut maka kucing memilih untuk menghindari dan menghilang dari sang owner secara perlahan.

Gimana, jadi sudah tahu, kan, kenapa kucing bersembunyi saat ia akan mati? Jadi jika catlovers menemui ciri-ciri di atas, yang bisa dilakukan adalah tetap sigap terus menemaninya hingga saat-saat terakhirnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *