Serba-Serbi

Kenapa Kucing Suka Sekali Bermain Dengan Kardus?

Sebagai hewan peliharaan, tingkah laku kucing di rumah kerap menggemaskan. Salah satu tingkah yang menggemaskan ialah suka bersembunyi di dalam kardus. Banyak pemilik yang seringkali merasa kucingnya hilang, padahal mereka hanya bersembunyi di dalam kardus. Hal ini kemudian menimbulkan banyak pertanyaan orang-orang.

Tapi kini ilmuwan telah menemukan jawaban mengapa kucing sering tidur dan bersembunyi di dalam kardus. Menurut serangkaian studi ilmiah yang disusun oleh situs web Wired, ada dua alasan luas mengapa kucing mendambakan istana kardus kecil mereka sendiri.

Alasan utamanya adalah kotak memberi perlindungan dari stres. Selain itu kardus membuat kucing tetap hangat.Dilansir Independent, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Utrecht di Belanda, kotak membuat kucing tidak terlalu stres.  Di alam liar tempat persembunyian kecil ini akan menjadi tempat untuk bersantai jauh dari mangsa, tetapi dalam kasus rumah modern lebih mungkin menghindari stres yang tidak diinginkan dari pemiliknya.

Tempat-tempat alternatif yang juga jadi tempat kucing bersembunyi termasuk di bawah meja dan kursi, di mana mereka tidak dapat terganggu atau direcoki.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2006 oleh National Research Council menemukan bahwa kotak kardus dapat membantu menjaga kucing tetap hangat.

Kotak kardus biasanya terbuat dari beberapa lapis kertas tebal untuk memberikan kekuatan, yang membuat mereka menjadi insulator yang baik untuk kucing berlindung dari udara dingin.

Psikologi hewan juga mengungkapkan bahwa alasan kucing suka kehangatan dalam kardus, karena hal itu sama dengan alasan kucing suka mencari kehangatan di balik bantal atau berjemur di bawah matahari. (Viva/Vira)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *