KPKC (Komunitas Pencinta Kucing Cirebon)

Bermula dari hobi yang sama-sama menyukai kucing, sekelompok anak muda Cirebon kemudian menjaring rekan-rekan lainnya untuk ikut bergabung pada tahun 2011. Tujuannya untuk memberikan wadah sebagai ajang silaturahmi antara penyayang kucing.

Salah satu cara untuk mengumpulkan penyayang kucing lainnya dengan cara menjaring lewat f acebook dan media sosial lainnya, untuk mengetahui berapa banyak cat lovers yang tersebar di daerah Cirebon dan sekitarnya. Kegitan yang rutin oleh KPKC sudah sangat banyak. Pada awalnya dimulai dengan gathering dengan sesama anggota untuk silaturahmi dan berbicara tentang bebagai jenis topik mengenai kucing, hingga saat ini jumlah anggota KPKC sudah mencapai 11.851 orang.

Kemudian seiring berjalannya waktu semakin berkembang pada kegiatan yang lebih besar dan nyata di dunia maya dan nyata seperti membantu rekan-rekan apabila memerlukan informasi tentang kucing, cara perawatan dan ilmu di dunia perkucingan itu sendiri, mengadakan bakti sosial pada kucing dan ownernya yang membutuhkan kebutuhan atas kucing.

Saat ini kegiatan rutin yang dilakukan KPKC sangat banyak, seperti kopdar dilakukan sekitar sebulan sekali, “bentuk kopdarnya kami buat berbeda beda seperti kopdar biasa, saling membicarakan tentang kucing, kopdar dengan tema seperti kopdar yang dilakukan sambil melakukan bakti sosial seperti vaksin bersubsidi” tutur Teuku Andika salah satu pengurus KPKC.

Untuk vaksin rabies gratis KPKC berkerjasama dengan dinas peternakan setempat, baksos steril bersubsidi, mengisi acara di car free day dengan membuka booth untuk gathering sekaligus berjualan yang mana keuntungannya akan disalurkan untuk kegiatan KPKC, “kita juga kopdar sambil mengadakan workshop seperti workshop grooming dan prakteknya yang dipandu oleh ahli grooming,” ungkap Andika.

KPKC juga memiliki kas yang yang terkumpul digunakan untuk street feeding serta membantu kucing-kucing terlantar apabila ada yang sakit atau mengalami kecelakaan, kucing akan dibawa ke klinik atau rumah sakit agar bisa diobati dan KPKC yang menanggung biayanya dari uang kas. Meski KPKC sendiri memiliki rumah singgah untuk para kucing, namun sering kali over load.

Tidak hanya kucing jalanan yang dibantu, cat lovers yang mengalami kesulitan pun dibantu jika mengalami kesulitan, “Pokoknya jangan sampai si meong tidak diobati jika ada yang sakit” ujar andika.

Jika ada cat lovers yang ingin bergabung dengan KPKC caranya mudah, cukup menjadi member di grup facebook Komunitas Pecinta Kucing Cirebon dengan akun asli facebook tentunya, diikuti dengan niat baik untuk bersilaturahmi dan berperan serta pada kegiatan.

Pendiri : panji dan hafid

Ketua : achmad hamzah nasrullah

Wakil ketua : evhu

Bendahara : bendahara komunitas harry nigara dan bendahara sosial cory febriyani

Sekertaris : cory febriyani

Sosmed : fb komunitas pecinta kucing cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *