Kucing Abisinia

Abyssinian cat alias kucing Abisinia merupakan ras tertua dari golongan kucing berbulu pendek. Bentuk tubuh kucing ini menyerupai lukisan serta patung kucing pada zaman Mesir Kuno. Ia memiliki tubuh, tangan dan kaki yang ramping serta panjang. Bentuk telinga dan moncongnya membentuk segitiga dengan mata seperti almond. Sedangkan ekornya juga cenderung panjang dan meruncing. Bulu Abisinia sangat khas dengan warna kecokelatan dan berpola agouti berbintik.

Selain cerdas, kucing Abisinia adalah salah satu ras kucing paling populer di Amerika Serikat. Kucing ramping ini aktif dan penuh kasih sayang terhadap manusia. Mereka sangat cerdas dan menyatu dengan segala kegiatan majikan mereka. Kucing Abisinia bukan kucinglah pangkuan, tetapi mereka suka dengan perhatian manusia, terutama dalam bentuk petting atau grooming. Mereka juga cenderung suka ditemani binatang lain.
Dulunya pada abad 19 kucing Abisinia ini  datang dari Afrika Utara dibawa ke Inggris. Selain itu kucing Abyssinian ini sekarang menjadi salah satu ras kucing piaraan paling populer di Amerika Serikat. Dia pun pernah dipamerkan di Crystal Palace tahun 1871 dan diakui secara resmi menjadi salah satu ras kucing pada tahun 1882.

BACA JUGA:   Trik Membantu Kucing Bernapas dengan Lebih Mudah

Kucing Abisinia pertama kali diakui sebagai ras ketika  diperkenalkan di ajang Crystal Palace Cat Show pada tahun 1871. Kucing bernama Zula tersebut konon berasal dari Abisinia (Ethiopia saat ini). Trah ini juga diyakini sudah muncul sejak zaman Mesir kuno.

Masyarakat Mesin Kuno menganggap kucing Abisinia ini sebagai simbol atau manifestasi dari Dewa Mesir Kuno. Mereka menganggap kucing Abyssinian sebagai hewan suci, karena mereka percaya kucing ini adalah “Anak Dewa”. Dan karena itulah masyarakat Mesir Kuno menyembah kucing Abisinia di tepi sungai Nil. Kepercayaan itu pun memengaruhi perilaku masyarakat Mesir terhadap kucing yang mereka temui sehingga mereka akan memperlakukan kucing dengan penuh kasih sayang.

Kamuflase dalam penampilan
Banyak yang menyebutkan bahwa mirip seperti kucing hutan. Hal ini disebabkan warna bulunya yang sangat mirip dengan kucing hutan lain seperti puma.

Abisinia memiliki kepala yang agak segitiga dengan mencong yang sedikit menjorok kedepan. Telinganya yang lebar memungkinkan dia dapat mendengar suara dari pemiliknya dengan baik. Matanya yang berbentuk kacang almond dengan kelopak mata berwarna keemasan atau hijau menunjukan besarnya keingintahuan dia terhadap apa yang dia lihat. Di bagian wajahnya terdapat garis hitam yang memanjang dari mata dan alis.

BACA JUGA:   10 PETSHOP TERDEKAT DI JAKARTA SELATAN

Tubuhnya terlihat berotot seperti kucing persia dengan bentuk panjang dan ramping seperti kucing keturunan oriental, contohnya Siamese. Tubuhnya ditopang oleh kaki yang ramping dengan tulang atas yang kecil, dan cakarnya yang kompak.

Sekilas dari penampilannya kucing ini memang lebih mirip kucing liar yang biasa kita temui di pinggir jalan dan di pasar-pasar, terutama pasar ikan. Dan memang kucing ini termasuk salah satu kucing piaraan dengan penampilan paling liar dibanding kucing piaraan lainnya, terutama di jaman sekarang ini.

Si kucing ini punya telinga yang besar dan agak runcing ke atas. Telinga dengan model demikian menunjukkan bahwa kucing ini punya pendengaran yang peka. Mata kucing ini berbentuk bulat almond. Tentang ukurannya, kucing Abisinia punya tubuh berukuran sedang, ramping memanjang, tidak gemuk bulat, berotot, dengan ekor yang relatif pendek. Warna bulunya sendiri saat ini bisa kita dapati bermacam-macam, dari biru keunguan hingga merah. Namun awalnya, warna bulu kucing Abissinian ini berwarna coklat kekuningan khas padang pasir atau perak.

Kucing Yang Aktif
Abisinia ini terkenal dengan kecerdasannya dan perangainya yang suka bermain. Karena itulah kucing ini sangat aktif, dan hampir mustahil bagi kucing Abisinia ini bermalas malasan, seperti kucing Persia. Mungkin karena keaktifannya ini, kucing Abisinia punya tubuh ramping dan berotot. Selain terkenal dengan kecerdasan dan keaktifannya, kucing ini juga terkenal dengan kesetian dan kepatuhannya pada si tuan. Jadi kalau kamu ingin punya kucing yang penurut dan mudah dilatih, kucing Abisinia ini bisa dijadikan pertimbangan. (Meri/berbagai sumber)

BACA JUGA:   Mengenal Demodikosis Pada Anjing

 

 

Similar Posts:

Incoming search terms:

  • kucing abi (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *