Jenis Kucing

Kucing Asli Indonesia Bikin Jatuh Cinta

Kucing jenis ini lebih dikenal dengan sebutan kucing kampung. Keberadaannya hamper ada disetiap sudut tempat yang catlovers kunjungi. Mungkin kucing ini belum memiliki standardisasi warna, ukuran, dan bentuk tubuhnya, namun kucing jenis ini cocok untuk dijadikan hewan kesayangan bagi catlovers yang cukup sibuk meluangkan waktu untuk keperluan perawatan-perawatan khusus bagi kucing.

Banyak catlovers sering menyebutkan kucing jenis ini dengan sebutan Indonesian Shorthair karena memiliki rambut yang pendek. Kucing jenis ini memiliki warna yang beragam dan kombinasi beberapa warna maupun gradasi. Kucing jenis ini lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cuaca disekitarnya, selain masalah adaptasi ada beberapa hal yang menjadikan kucing ini sangat layak dijadikan hewan kesayangan.

  1. Beragam

Kucing ini memiliki warna yang beragam dari satu warna, kombinasi dua warna, gradasi warna, hingga tiga warna atau sering dikenal calico cat. Keragaman ini membuat kucing ini terlihat lebih lucu. Dengan rambut yang pendek memudahkan catlovers dalam mengamati pertumbuhan tubuh kucing karena memudahkan dalam pengamatan pertumbuhan tubuh tidak seperti kucing berambut panjang yang pertumbuhan tubuhnya relative sulit diamati.

  1. Makan

Pemilihan makanan kucing ini lebih mudah. Mereka termasuk jenis kucing yang tidak memilih variasi pakan yang diberikan.

  1. Mandiri

Mungkin karena kucing ini berasal dari Indonesia dan tumbuh berkembang di Indonesia sehingga mereka memiliki sifat yang lebih mandiri. Kucing ini termasuk jenis yang lincah, gesit, dan senang bermain. Sifat ini menjadikan kucing jenis ini senang bermain keluar rumah, namun catlovers tidak perlu khawatir mereka akan hilang. Kucing jenis ini seolah membawa GPS di kakinya karena mereka selalu memiliki kemampuan untuk kembali pulang pada pemiliknya.

  1. Kesehatan

Kucing jenis ini lebih banyak hidup di luar rumah sehingga mereka lebih banyak terpapar agen penyakit dibandingkan kucing yang dipelihara secara intensif. Kucing jenis ini sekalipun dipelihara di dalam rumah mereka termasuk jenis yang jarang sakit. Tapi walau demikian, catlovers tetap harus memperhatikan tindakan-tindakanp reventif yang wajib dilakukan pada kucing kesayangan seperti vaksinasi dan deworming

 

  1. Praktis

Kesederhanaan kucing yang bisa disebut ras asli kucing domestik Indonesia menjadikan mereka hewan kesayangan yang sangat praktis dan mudah untuk dirawat. Cat lovers cukup menyiapkan media yang cukup untuk kucing makan, minum, defekasi, dan media untuk perawatan kuku maka kucing jenis ini tidak membutuhkan banyak perawatan tambahan. Biasanya kucing Indonesian Short hair sangat suka mencakarkan kukunya sehingga cat lovers tidak perlu sering memotong kuku, cukup amati pertumbuhan kuku kucing secara rutin.

Indonesia dengan segala kekayaannya alamnya memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah. Tak hanya keanekaragaman flora dan fauna yang harus kita lindungi di hutan-hutantropis, kita pun memiliki keanekaragaman jenis dan bentuk kucing-kucing yang lebih survive dipelihara dengan cuaca dan lingkungan Indonesia. Masih malu pelihara kucing kampung??(Feby)

One Reply to “Kucing Asli Indonesia Bikin Jatuh Cinta”

  1. Artikel yang sangat bagus …
    Ulasan informasi yang disampaikan sangat bermanfaat …
    Terimakasih informasinya min …
    Ditunggu artikel selanjutnya …
    Salam kenal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *