KUCING BIRMAN SI KUCING DEWA

KUCING BIRMAN SI KUCING DEWA

Kucing Birman merupakan namanya dari negara asalnya, yaitu Burma atau Myanmar. Kucing ini identik dengan kehidupan kuil di negara asalnya. Disebut-sebut sebagai bentuk reinkarnasi karena warna matanya yang Berwarna biru seperti titisan dewi dari kuil. Perawakannya tegap dan kuat dengan sebutan kucing color point seperti halnya kucing siamese/kucing siam.

Sebutan Color point sebenarnya merujuk pada warna gelap pada sebagian tubuhnya, biasanya pada wajah, telinga, ekor dan keempat kakinya akan tetapi cakar dan telapak kaki masih berwarna putih. Kucing Birman merupakan jenis kucing peliharaan yang menyenangkan. Kucing ini cukup cerdas dan mampu beradaptasi dengan baik dengan manusia sehingga cocok untuk dijadikan teman anda maupun anak-anak.

Kucing ini juga senang dengan beberapa jenis permainan hingga kadang mereka bisa menjadi sok sibuk sendiri hingga akhirnya akan mencari pemiliknya jika sudah bosan dengan permainannya. Kucing ini juga cukup fleksibel, bisa mengerti kesibukan pemiliknya hingga dia akan setia menunggu pemiliknya pulang kerja atau pulang sekolah.

Ras Birman berasal dari sepasang kucing yaitu Orloff dan Xenia de Kaabaa. Ras Birman sendiri mulai diakui di Inggris yaitu pada tahun 1966, barulah setelah itu Amerika mengakui ras Birman. Kucing ras Birman memiliki ciri khusus yaitu berukuran sedang dengan berat badan 4 sampai 6 kg untuk yang jantan. Sementara untuk yang betina memiliki berat atau bentuk badan yang lebih kecil dibandingkan yang jantan. Ras Birman sangat identik dengan warna biru pada matanya tersebut, ras Birman hampir menyerupai ras Siam.

 


Ciri Khas  Kucing Birman

Kucing ras Birman adalah kucing berukuran sedang dengan berat badan kucing jantan 4-6 Kg. yang betina biasanya sedikit lebih kecil dibandingkan jantan. Birman hanya mempunyai warna mata biru.

Pola warna ras ini menyerupai ras Siam yang dikenal dengan istilah “Colour point” (warna gelap pada telinga, wajah, ekor dan keempat kaki) kecuali keempat telapak kaki dan cakar (paw) yang berwarna putih.  Badan tegap dengan panjang sedang, ditopang kaki yang kuat. Kepala lebar dan bulat, pada hidung ada sedikit lekukan, sedangkan mata hampir bulat dan berwarna biru.  Telinga berukuran sedang dengan ujung melengkung.

Bulu leher dan ekor tumbuh sempurna, tebal dan halus. Warna bulu badan lebih pucat dibandingkan warna point pada kedua telinga, muka, kaki dan ekor.  Yang membenadan dengan Ras Siam dan himalaya adalah warna putih pada keempat jari-jari kakinya. Warna putih ini sebaiknya simetris, tidak melebihi batas pergelangan kaki.

Birman mempunyai temperamen yang menyenangkan. Mereka relatif cerdas dan keterikatan pada pemiliknya sangat erat. Ras ini juga senang berada disekitar manusia. Kadang-kadang kucing ini juga terlihat sering menyesuaikan jadwalnya dengan pemiliknya. Kucing ini sering menunggu pemiliknya pulang ke rumah, “Just to say Hello as soon as you get home”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *