Jenis Kucing

KUCING TERMUNGIL DI DUNIA

Catlovers pernahkah terbayangakan ada kucing yang ukurannya sangat mini? Ternyata sosok kucing mungil ini benar-benar ada, ilmiahnya adalah Prionailurus rubiginosus. Inilah kucing terkecil di dunia yang begitu menggemaskan tapi, sayangnya, sedang terancam punah.

Dilansir dari serial Big Cats dari BBC One, menampilkan kehidupan kucing di seluruh dunia. Termasuk, kucing paling kecil di dunia yakni kucing bertotol yang menempati kawasan India dan Sri Lanka.

Kucing ini hanya punya berat 0,8 sampai 1,6 kilogram. Panjang tubuhnya hanya 35 hingga 48 cm (tidak termasuk ekor). Dalam rekaman dari BBC One, terlihat kucingnya begitu menggemaskan. Warna bulunya kekuningan dan totol hitam. Bentuknya yang kecil, membuatnya sedikit sulit terlihat jika sedang berjalan di antara semak belukar.

Diketahui kucing terkecil di dunia ini sangat gesit dan lincah. Mereka kebanyakan menghabiskan waktu di tanah, untuk berburu katak, tikus, dan serangga. Namun, mereka juga jago memanjat pohon untuk menghindari predator lainnya.

Telinga kucing ini begitu peka untuk menangkap suara. Bahkan, penglihatan mereka 6 kali lebih tajam dari penglihatan manusia!

Sayangnya, kucing terkecil di dunia ini masuk dalam daftar hewan terancam punah oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature). Populasi kucingnya diperkirakan hanya tinggal 10 ribu ekor dan cuma berada di India dan Sri Lanka. Penebangan hutan menjadi ancaman bagi keberlangsungan hidupnya.

Fakta menarik lainnya, kucing ini sungguh sulit ditemukan. Habitatnya pun jauh di pedalaman hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *