Jenis Anjing

Labrador si Anjing ramah

Berasal dari Newfoundland, Labrador hitam pada awalnya digunakan untuk membantu nelayan yang menjaring ikan. Anjing ini ditugaskan untuk menangkap setiap ikan yang lolos. Seiring waktu mereka dibiakkan dengan anjing bertipe spaniel, setter, dan retriever lain dan diberi nama Labrador retriever. Kini Labrador menunjukkan keterampilan yang sangat baik dalam kegiatan berburu kecil, tetapi fungsi utamanya adalah sebagai hewan peliharaan keluarga. Lab hitam mendapat pengakuan dalam kelompok anjing sporting dari American Kennel Club pada tahun 1917.

Labrador adalah anjing paling populer di Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Israel dan Kanada. Golden Retriever lebih populer di Inggris, Amerika, dan beberapa wilayah Kanada dengan sedikit perbedaan dalam penampilannya.

Labrador merupakan anjing yang ramah dan biasanya memiliki rambut pendek yang membuat mereka mudah beradaptasi dengan air dengan sangat baik. Kebanyakan mereka berwarna hitam, coklat dan pirang. Labrador juga memiliki lebih banyak massa otot dan juga anjing yang aktif, terutama saat mereka masih anak-anak dan Labrador mencapai tingkat kematangannya (mature) di sekitar umur 3 tahun.
Artinya, dog lovers akan memiliki anjing Labrador sampai usia 3 tahun dengan ukuran dewasa tetapi dengan sifat anakan yang penuh energy. Terkadang Labrador mendapat label “hyperactive” saat mereka meluapkan kegembiraan atau semangat untuk bermain. Apabila dog lovers sudah menyadari hal tersebut dan memaklumi maka sebenarnya hal ini bukanlah masalah.


Beberapa kesalahan yang terjadi saat pemilik tidak siap dengan situasi seperti itu, mereka segera mengurung Labrador dalam kandang di tambah mereka tidak punya waktu yang cukup untuk bermain dengan Labrador ini. Apakah ini akan memperbaiki situasi ?. Tentunya tidak, semakin lama mereka didalam kandang maka energy yang terkumpul akan menjadi energy negatif terutama saat mereka keluar dari kandang.

Meski begitu Labrador terkenal lebih berperilaku baik, ramah, Anjing yang sangat cerdas ini memiliki naluri untuk menyenangkan orang. Ia menganggap dirinya bagian penting dari keluarganya dan menyayangi anak-anak dalam keluarganya. Umumnya, Lab hitam adalah anjing yang tenang dan santai. Labrador berkembang biak dengan sangat fleksibel. Harapan hidup anjing Labrador antara 10 sampai 12 tahun dan mereka biasanya berkembang biak dengan cukup sehat.

Anjing Labrador hitam memerlukan sedikit perawatan yang cukup mudah, seperti menyikat harian untuk menghilangkan bulu yang rontok. Labrador hitam sangat menikmati olahraga. Jalan-jalan harian dan permainan mengejar dan mengambil sesuatu akan membuatnya senang. Anjing ini juga mencintai air, sehingga kunjungan ke sebuah danau, kolam, atau kolam renang akan membuatnya semakin mencintai Anda. Selalu periksa bulunya untuk mencari kutu bila ia habis bermain di daerah berhutan. (Vira)

One Reply to “Labrador si Anjing ramah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *