Malang Cat Lovers (MCL)

Pertemuan 6 orang pencinta kucing di hutan Malabar Malang, menjadi awal cikal bakal terbentuknya Malang Cat Lovers (MCL).

19 Juli 2011, enam orang pecinta kucing menetaskan satu ide untuk membuat wadah bagi para pecinta kucing lainnya yang ada di Malang, mereka adalah Bang Toyib, Mak Kulex, Syahrizal, Ega, Topan dan Aris.

Kemudian seminggu setelahnya, tepat pada tanggal 26 July 2011 MCL resmi berdiri. Saat ini Malang Cat Lovers diketuai oleh A. Farizal, sementara wakilnya dijabat oleh Praditya Ega, latar belakang didirikannya MCL adalah sebagai wadah untuk pencinta kucing khususnya di Malang Raya, mempererat sillaturrahmi dan bertukar informasi segala hal tentang kucing.

Terbentuknya MCL juga tentunya mengusung misi yakni memberikan wadah untuk pencinta kucing, meningkatkan pengetahuan anggota dan masyarakat mengenai kucing, membina hubungan dan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, organisasi, komunitas lain, pemerintah dan swasta yang terkait dalam rangka pengembangan dan pembinaan komunitas Malang Cat Lovers, serta mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan skitar trutama kucing domestik.

Seiring berjalannya waktu, proses naik turun sebagai komunitas telah dialami oleh MCL, mulai dari keluar masuk anggota baru hingga perubahan kepengurusan. Terlepas dari itu semua MCL juga sudah melakukan banyak kegiatan seperti menyelenggarakan event Cat Show sejak tahun 2011-2016.

Pada tahun 2013 MCL juga menggelar Talk Show Anti Toxoplasmosis bersama Finalis Putri Indonesia Jawa Timur 2013 Novalya Kamalin. Selain itu pada tahun 2016 MCL juga mengadakan seminar bekerjasama dengan Royal Canin.  Serta Talkshow di radio Universitas di Malang dan juga edukasi ke sekolah-sekolah dasar dan menengah.

Saat ini MCL juga rutin mengadakan gathering yang dilakukan setiap dua minggu sekali di alun-alun Kota Malang dan CFD jalan Ijen. Dalam membangun eksitensinya MCL juga bekerjasama dengan Dokter Hewan dan juga Cattery yang ada di Kota Malang dalam menggelar sharing dan show off tentang perawatan kucing.

Untuk kegiatan sosial sendiri, MCL telah melakukan street feeding, yakni turun ke jalan atau pasar-pasar untuk berbagi makanan dengan kucing-kucing tak bertuan (stray cat). Seperti yang baru-baru ini dilakukan , MCL beserta pencinta kucing menyusuri pasar belimbing untuk memberi makan kucing yang ada disekitar loksi tersebut.

IG : malang_catlovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *