MANX, SI LUCU TANPA EKOR

Pada suatu musim kemarau panjang nabi Nuh dan para pengikutnya membuat sebuah kapal dipuncak bukit. Selama pembuatan kapal tersebut mereka dicaci dan dihina karena kapal tersebut akan tidak berguna. Sebelum Allah menurunkan Azab pada kaum yang dzalimtersebut, Allah memerintahkan Nabi Nuh dan kaumnya untuk membawa sepasang tiap jenis hewan ke kapal bersama mereka.

Alkisah kucing yang dibawa Nabi Nuh dan pengikutnya hamper terlambat datang dan saat pintu kapal akan menutup ekornya terjepit dan kemudian putus.

Cerita singkat diatas tentu hanya mitos yang belum tentu kebenaranya walaupun di muka bumi terdapat satu ras kucing yang tidakmemiliki ekor, yaitu kucing Manx. Selainterjepit di pintu ada kisah lain tentang Kucing Manx diataskapalNabiNuh. Setelah kapal tersebut berlayar diatas air bah yang menenggelamkankaum yang dzalim, kucing dan anjing tetap saling berkelahi sehingga menyebabkan ekor si kucing yang saat ini dikenal dengan ras Manx menjadiputus.

Faktanya, kucing Manx tidak memiliki ekor karena mengalami mutasi genetik yang berhubungan dengan perkembangan tulang punggung kemudian gen tanpa ekor pada kucing tersebut bersifat dominan sehingga mengalahkan gen dengan ekor normal. Nama Manx sendiri diambil dari“Sindrom Manx” yang merupakan sindrom gangguan genetic pada tulang punggung manusia atau hewan. Breeder yang akan mengembangbiakan kucing Manx selalu melakukan pengawasan secara ketat, apabila dilakukan perkawinan antara dua kucing dengan gen ekor pendek bayi kucing yang dilahirkan akan mati atau keguguran akibat kelainan tulang punggung.

Kucing Manx berasal dari salah satu daerah di Inggris yang bernama Isle Of Man, bahkan gambar kucing ini dijadikan symbol Isle Of Man yang digunakan pada uang koin. Kucing ras Manx sudah terkenal di Inggris sejak tahun 1870 bahkan sebelum berdiri Cat Fancy di Negara ini, kemudian mulai popular di Amerika Serikat pada tahun 1930. Sara Goodwins dalam bukunya yang berjudul A Detailed Account of Manx Cats menyebutkan bahwa rujukan linguistic pertama pada kucing tanpa ekor di Isle Of Man muncul pada pertengahan abad ke-18.

Kucing Manx termasuk jenis kucing yang sangat aktif dan senang bermain dan memiliki kemampuan meloncat yang tinggi. Kucing Manx dapat dibedakan berdasarkan bentuk ekornya. Terdapat tiga jenis bentu ke kor yang dihasilkan, yaitu:

  • Dimple Rumpy/ Rumpy yang tidak memiliki ekor
  • Riser/ Rumpy riser yang memiliki sedikit ekor dipangkalnya
  • Stumpy yang memiliki ekor lebih panjang dari rumpy namun tidak sepanjang kucing normal.

Kucing Manx memiliki ukuran badan yang pendek, dada melebar, dan tulang punggung yang melengkung. Kucing ini memiliki kaki belakang lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan kaki depannya sehingga posisi pinggul lebih tinggi dari pada bahu. Ras Manx memiliki kepala yang bundar dengan pipi menonjol, leher pendek tebal dan mata besar.

Ciri khas kucing Manx yang lain adalah memiliki warna hidung yang serasi dengan warna bulunya. Kucing Manx memiliki dua lapis bulu yaitu bagian yang pendek dan tebal, untuk warna hamper semua warna diakui seperti Tabby, solid, bicolour, dan lain-lain. Namun kucing Manx dengan warna putih merupakan jenis langka yang sulit ditemukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *