Mengenal Anjing Chow chow 

Anjing Chow-chow berasal dari Tiongkok dan merupakan salah satu ras anjing tertua di dunia. Sekitar 2.000 tahun lalu, Chow Chow sering digunakan sebagai penarik gerobak, penjaga ternak atau bahan makanan. Sementara kini, tidak sedikit orang yang memelihara anjing ini sebagai bagian dari hobi. Tak dapat disangkal, Chow Chow memang memiliki fisik dan karakter unik yang membuat orang tertarik merawatnya.

Anjing ini memiliki fisik seperti singa atau beruang. Terlihat dari bulunya yang amat lebat dan berwarna cokelat terang. Bodinya terbilang bongsor. Berat badan seekor Chow Chow dewasa jantan bisa mencapai 25-32 Kilogram, sementara betina 20-27 Kilogram.

Ciri khas lain terletak pada warna lidahnya yang biru dan hitam. Chow Chow bersifat temperamental dan mudah curiga kepada orang asing. Berbekal sifatnya itu, anjing ini cocok menjadi pelindung Anda. Jika dilatih dengan metode yang tepat, Chow Chow juga bisa menjadi sahabat baik.

Penampilan Chow Chow seringkali membuat orang berpikir kalau anjing ini galak. Matanya cenderung ke dalam karena tertutup bulu di sekitar wajah. Efeknya, pandangan mata Chow Chow terbatas jika dari samping. Namun faktanya, anjing ini tidak galak. Jika dilatih dengan penuh kesabaran, Anda bisa mengubahnya menjadi anjing yang santun, baik dan menggemaskan.

BACA JUGA:   Labrador si Anjing ramah

Saat berdiri, tinggi tubuh Chow-Chow sekitar 48-56 cm, hal ini menunjukkan bahwa Chow-Chow termasuk Anjing yang lumayan besar. Chow-Chow memiliki 2 tipe bulu. Yang pertama adalah rambut panjang yang terkenal, dan kebanyakan orang memelihara Chow-Chow berambut panjang ini. Bulu nya yang panjang ini tumbuh sangat banyak dan sangat lebat. Bulu bagian luarnya agak kasar, sedangkan pada bagian dalamnya lembut dan seperti wol.

Bulu pada bagian leher mereka tumbuh lebih panjang dari yang lainnya. Sedangkan Chow-Chow yang berbulu pendek, bulunya lurus, padat, dan berdiri, dan seperti beludru. Pada bagian leher tumbuh sama panjang dan lebat seperti bagian tubuh yang lainnya.

Ciri-ciri utama dari anjing ini adalah bulunya tebal dan lembut, mulut dan lidah berwarna hitam, serta kaki belakang yang lurus sehingga membuat anjing ini berlari agak kaku. Anjing ini memiliki penampakan fisik yang mirip seperti singa kecil atau beruang.

BACA JUGA:   Si Imut Maltese

Suka jogging? Jangan ajak Chow Chow jogging. Untuk urusan kecepatan, anjing ini tidak bisa berlari kencang. Akan tetapi, Anda dapat membawanya sebagai teman jalan kaki yang setia. Kaki belakang yang hampir lurus menjadikan Chow Chow hanya dapat melangkah pendek sehingga gaya berjalannya pun terlihat agak kaku. Bagaimana? Tertarik memeliharanya?

Merawat Chow-chow
Lakukan grooming secara teratur agar rambut Chow-Chow megar dan indah, lakukan secara intensif ketika cuaca panas dan kelembapan tinggi.

Berikan pakan  alternatif berupa nasi, dengan rebusan daging dan hati. Namun efeknya tidak sebagus dogfood dan anakan yang dihasilkan sediki. Jika normalnya 4-6 ekor, dengan pakan memberikan pakan nasi, hanya akan melahirkan 1-2 ekor, kemudian air susunya sedikit dan Anjing kurang sehat.  Selain itu jika Chow-Chow beranak banyak, pasti akan merasa kelelahan, maka sebaiknya perlu diberikan menu tambahan. Di samping dogfood, berikan kuning telur dan madu, agar dapat memberikan kekuatan ekstra bagi  ibu yang melahirkan.

BACA JUGA:   CIHUAHUA SI MINI YANG CERDAS

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *