Kesehatan Kucing

Merawat Kitten Tanpa Induk

Kucing betina yang hidup secara liar mampu mencari makan sekaligus merawat anaknya yang baru lahir. Namun, berbeda pada kucing yang dipelihara di rumah dan terbiasa dengan bantuan manusia. Catlovers dengan kucing pasca melahirkan diharapkan untuk tidak terlalu melibatkan diri dalam perawatan kitten yang dilahirkan. Pada dasarnya, induk kucing secara alami mengetahui cara merawat kitten. Tanpa adanya keikutsertaan owner akan menjadikan kucing lebih mandiri. Catlovers bisa tetap mengamati perkembangan kitten danikut membantuk etika ada masalah yang tidak bisa ditangani oleh induk.

Kitten tidak boleh dipisahkan dari induknya karena kitten membutuhkan kolostrum dan air susu induknya yang merupakan nutrisi terbaik. Namun seringkali catlovers menemukan induk kucing yang dipelihara di rumah tidak mampu merawat anaknya atau kitten tanpa induk yang ditemukan di jalan. Kitten yang kelaparan di jalan belum tentu ditinggal oleh induknya. Pada kondisi tersebut diharapkan catlovers untuk mengamati beberapa saat karena bisa saja induk meninggalkan kitten sebentar untuk mencari makan. Merawat kitten tanpa induk lebih sulit dibanding kitten yang masih memiliki induk. Kitten usia 5-6 minggu harus mendapat asupan susu dari induk karena mereka belum mampu mencerna pakan kucing. Hal-hal yang bisa dilakukan catlovers untuk merawat kitten adalah

  1. Menemukan ibu asuh

Kucing termasuk hewan yang mau menyusui kitten yang bukan anaknya. Kitten tanpa induk sebaiknya dicarikan ibu asuh agar tetap mendapat air susu sebagai nutrisi terbaik dan mendapat perlindungan dari induk.

  1. Kandang perawatan

Kitten biasanya berlindung disekitar tubuh induk agar tetap hangat. Apabila tidak bisa menemukan ibu asuh, catlovers harus menyiapkan kandang yang hangat untuk kitten. Kandang bisa diberikan lampu dan dialasi dengan handuk agar kitten tetap terlindungi dari suhu dingin, namun penggunaan lampu harus diperhatikan agar kitten tidak kepanasan di dalam kandang.

  1. Pemberian susu

Susu yang diberikan pada kitten adalah susu khusus kitten, karena kandungan laktosa pada susu sapi tidak cocok untuk saluran pencernaan kucing. Kitten menyusui dalam kuantitas kecil namun sering, jadi catlovers harus menyiapkan waktu dan kesabaran. Kitten akan menyusui setiap saat merasa lapar, namun catlovers bisa membiasakan kitten menyusui tiap 3-4 jam. Susu yang diberikan dalam kondisi hangat dan susu yang diberikan dengan pipet atau dot khusus kitten. Kitten diposisikan pada posisi normal menyusu pada induk yaitu kepala tegak mengarah ke botol dan lakukan perlahan. Setelah menyusui pastikan kitten bersendawa memegang  kitten pada bagian perut dan mengusap punggungnya. Walaupun catlovers telah membuat jadwal menyusui, kitten tetap harus diperhatikan dan diberikan susu apabila kelaparan.

Sumber foto : wikihow
  1. Pemberian pakan kucing

Kitten usia diatas 4 minggu bisa dilatih makan dengan pakan kucing. Catlovers bisa memilih pakan khusus kitten dan mulai dikenalkan pada kitten dengan mencampurkan dengan susu yang biasa diberikan. Pada saat proses pergantian pakan, catlovers diharapkan lebih memperhatikan kitten karena sering menyebabkan stress dan diare.

 

  1. Melatih kucing

Kitten belajar cara untuk bertahan hidup dengan mengamati perilaku induknya. Catlovers mulai menyiapkan bak pasir disekitar kitten pada usia diatas 4 minggu. Kitten akan belajar melakukan urinasi dan defekasi di pasir tersebut dan catlovers harus memperhatikan kebersihan bak pasir agar kitten merasa nyaman.

 

Merawat kitten tanpa induk bukan hal yang mudah, namun akan menjadi menyenangkan bagi catlovers. Kitten yang hidup tanpa induk sangat lemah dan rawan sehingga cat lovers harus benar-benar mengamati perkembangan dan kondisi kesehatan kitten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *