Kesehatan Anjing

Potong Kuku Anjing dan Kucing di Waktu yang Tepat

Anjing dan kucing merupakan hewan karnivora yang memiliki kuku tajam. Secara alami, kucing dan anjing memiliki kebiasaan mengasah kuku agar kuku tidak tumbuh terlalu panjang.  

Sehari-hari anjing dan kucing yang tidak dipelihara berdiri dan berjalan pada alas yang keras dan kasar, sehingga kuku akan terkikis secara alami dan pertumbuhan kuku akan terkontrol. Sedangkan, pada anjing dan kucing yang dipelihara di rumah terbiasa memiliki alas yang licin dan empuk seperti karpet dan lantai keramik.

Kondisi ini menyebabkan kuku kucing dan anjing tidak terasah sehingga kuku panjang dan apabila dibiarkan dapat tumbuh melengkung dan menusuk pad.

Gunting yang digunakan untuk memotong harus tajam agar tidak menyebabkan sakit.

Pet lovers sebaiknya menggunakan gunting kuku khusus hewan, namun pada kucing bisa menggunakan gunting kuku biasa asalkan tajam.

Sama seperti halnya membersihkan telingga, saat catlovers dan doglovers memotong kuku lakukan handling yang tepat agar hewan merasa nyaman dan tidak memberontak.

Drh. Amalia mengatakan pemotongan kuku dilakukan pada batas berwarna merah yang disebut quick. Apabila pemotongan terlalu pendek dapat menyebabkan kuku berdarah, sehingga petlovers perlu berhati-hati dalam memotong kuku hewan kesayangan.

Selain memotong kuku, sela-sela jari dan pad harus dibersihkan dari pasir dan kotoran lainnya. Rambut disekitar harus dipotong agar tidak tumbuh terlalu panjang sehingga menyebabkan pijakan hewan menjadi licin dan kotoran mudah menempel pada pad.

Anjing dan kucing tidak merasa nyaman selama pemotongan kuku, jadi setelah selesai sebaiknya mereka diberi hadiah berupa pakan agar tidak marah atau takut. Pemotongan kuku sebaiknya dilakukan setiap 2 minggu dan dilakukan secara rutin atau jika kuku dirasa disudah panjang.

Petlovers bisa memberikan mainan seperti kayu atau bahan yang bias digunakan untuk mengasah kuku. Doglovers bias mengajak anjing berjalan di luar rumah untuk exercise agar kuku tetatp terasah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *