Jenis Anjing

Rottweiler Anjing Penjaga Terbaik di Dunia

Rottweiler merupakan anjing yang setia, percaya diri, berani, waspada, dan protektif sehingga tak salah jika dia merupakan salah satu dari anjing penjanga terbaik di dunia. Secara fisik anjing ini memiliki daya tahan tubuh yang baik, tangguh, dankuat. Rottweiler merupakan anjing yang bersifat territorial sehingga secara inisiatif dia akan melindungi rumah dan keluarganya ketika sedang terancam Namun disamping itu dia juga anjing yang sangat loyal, bersahabat, dan selalu ingin berada disekeliling dog lovers pemiliknya untuk menjaga keamanan. Di balik ekspresinya yang galak, Rottweiler menyukai anak-anak sehingga bisa menjadi penjaga sekaligus pengasuh anak-anak.

Rottweiler bukan anjing yang mudah berteman dengan orang asing sehingga dog lovers harus waspada saat kedatangan tamu asing yang jarang dijumpai oleh anjing ini. Kelebihan Rottweiler lainnya adalah dia bukan anjing pengawas sehingga jarang mengonggong dan tidak menyebabkan kebisingan, namun jika dog lovers membutuhkan anjing pengawas yang bisa memberikan peringatan dini dengan gonggongan maka harus mencari anjing ras lain yang memiliki sifat pengawas.

Berdasarkan bentuk tubuhnya, Rottweiler sudah terlihat merupakan anjing gembala khas Jerman. Rottweiler diduga merupakan keturunan Italian Mastiff yang dibawa oleh Orang Roma saat menyerbu Eropa. Pada abad pertengahan, anjing ini banyak digunakan sebagai penjaga, anjinggembala, danpembawapesan. Bebebrapabakat Rottweiler yang seringdimanfaatkanuntukmembantumanusiadiantaranyaadalahmelacak, menggembala, anjingpenjaga, anjing SAR (mencaridanmenyelamatkan), penuntun orang buta, pengangkutan, danmembantupekerjaanpolisi.

Anjinginipertama kali dibiakan di kotaRottweil, Wurttemberk yang pada tahun 1800-an populasinyamulaimenghilang. Pada awal abad ke-20 populasinya mulai dikembangkan oleh breeder yang berpusat di Stuttgart dan pada 13 Januari 1907 didirikan Deutcher Rottweiler Klub(DRK) di Jerman. Selanjutnya pada 27 April 1907 didirikan Suddeutcher Rottweiler Klub (SDRK) yang merupakan cikal bakal berdirinya International Rottweiler Klub (IRK).

Anjing Rottweiler memiliki tubuh berotot besar dan kuat, dengan bentuk kepala lebar dengan dahi bulat. Rottweiler memiliki mata berukuran medium dan berwarna gelap dengan bentuk seperti kacang almond. Beberapa Rottweiler memiliki mata berwarna biru atau cokelat, namun sifat ini tidak diakui dan tidak memenuhi standard terutama Rottweiler yang akan dikompetisikan. Rottweiler memiliki warna bulu hitam diikuti warna rust dan kecokelatan pada pipi dan moncong, cakar, dan kaki.

Beberapa pendapat menyebutkan terdapat dua jenis Rottweiler, yaitu Rottweiler Amerika dan Rottweiler Jerman. Beberapa perbedaan antara kedua jenis tersebutdiantaranya:

Rottweiler Amerika Rottweiler Jerman
Lebih Tinggi Lebih Pendek
Kaki lebih Panjang Badan gempal
Kepala berbentuk kotak besar


*Photo By Pixabay

Anjing Rottweiler memilikitempramen yang kuat, tenang, mudahdilatih, berani, dansetia. Anjing Rottweiler membutuhkandoglovers yang erpikirankuat, tegas, dan tenang sehingga bisa sinergis dengan sifat-sifat yang dimilikioleh Rottweiler. Selain dipelihara secara personal, dengan kecerdasannya Rottweiler banyak digunakan untuk tugas-tugas kepolisian, militer, dan beacukai. Selama berabad-abad anjing ini sudah membuktikan bahwa dirinya merupakan jenis anjing yang patuh, cerdas, setia, dan dapat bermanfaat untuk manusia di berbagai bidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *