Russian Blue

Pernahkah catlovers menemukan seekor kucing biru cantik tapi tidak mengenali rasnya? Walaupun kecil, ada kemungkinan bahwa kucing itu adalah ras kucing biru Rusia. Berikut adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kucing biru Rusia.

Banyak peternak mengatakan bahwan kucing Russian Blue pertama kali berasal dari pelabuhan Baltic of Archangel, dekat dengan Arctic Circle dan dibawa sebagai barang perdagangan oleh saudagar di perkapalan yang ditukarkan dengan saudagar dari Inggris. Kucing ini dipertunjukan secara luas di Inggris ketika paruh kedua abad ke-19, walaupun berbeda jenis, mereka diperlihatkan bersamaan dengan Blue Shorthairs dibawah judul koleksi The Foreign Blue and the Archangel. Ketika kucing-kucing ditampilkan untuk pertama kalinya, semua kucing Shorthaired Blue bersaing di dalam golongan yang sama, tanpa memperhatikan jenisnya.

Pada tahun 1912, Russian Blue, diberikan golongannya sendiri, tapi saat perang dunia ke-2 jenis ini hampir punah, dapat diselamatkan dengan kawin silang dengan Siamese. Pada akhirnya, peternak berusaha mengkoordinasi percobaan untuk mengembalikan karakter mereka sebelum melahirkan, dan pada tahun 1965, menunjukan standar yang berubah menyatakan bahwa Siamese tidak diinginkan di dalam Russian Blue. Sekarang, kucing Russian Blue yang megah dengan bulunya yang anggun, mata hijaunya yang berkilau dan kemegahannya telah disangkutpautkan dengan keluarga kerajaan dan dibanggakan terutama dengan the Tsars dan the aristocracy.

BACA JUGA:   Kucing Scottish Fold

Russian Blue yang cantik ini bersifat angkuh, tapi memiliki jiwa yang lemah lembut. Australian Russian Blue dipelihara dengan standar yang sama dengan di Inggris, tapi berbeda jauh dengan gaya kucing Russian Blue yang dibesarkan di Amerika. Russian Blue memiliki dua lapisan bulu yang sangat berbeda dengan jenis lainnya – pendek, tebal dan sangat halus dan kepadatannya yang membuat bulu mereka menonjol dari tubuhnya.

Bulunya yang bewarna biru memberikan penampilan yang berkilau seperti perak yang menambahkan kesan yang megah. Kucing yang kuat dan anggun ini bukanlah seekor kucing yang ekstrim – membuat mereka hewan peliharaan yang menarik untuk dimiliki di rumah. Mereka dapat bergaul dengan semua anggota keluarga di rumah, manusia ataupun hewan lainnya, diperlakukan dengan hormat yang pantas diterima oleh mereka.

BACA JUGA:   Kucing Asli Indonesia Bikin Jatuh Cinta

Mengenali penampilannya secara umu

Kucing biru Rusia memiliki penampilan yang ramping, panjang, dan elegan. Kucing ini memliki leher panjang dan lentur yang dapat diregangkan, tapi karena bulunya yang tebal, lehernya dapat terkesan pendek.

Tubuhnya ramping dengan tulang yang bagus dan otot yang ramping tapi berisi.

Foto by Pixabay

Amati warna matanya
Kucing biru Rusia memiliki warna mata hijau mencolok. Pada usia empat bulan, ciri ini mulai muncul sebagai cincin hijau di sekeliling lingkaran luar iris—bagian mata yang memberikan warna. Semua kuci biru Rusia lahir dengan mata biru, tapi matanya akan berubah menjadi kehijauan seiring bertambahnya usianya.

Kucing biru Rusia memiliki wajah berbentuk segitiga dan sering kali digambarkan menyerupai ular kobra dengan tujuh bagian permukaan. Sebagai perbandingan, pada umumnya, kucing memiliki kepala yang lebih bundar dan tengkorak menyerupai buah apel. Ciri-ciri ini membuat kucing biru Rusia berbeda secara signifikan dibandingkan ras lainnya

BACA JUGA:   Kucing Siberia Si Kucing Purba

Periksa warna pada bulu, hidung, dan tapak

Ciri yang paling unik dan mencolok dari kucing biru Rusia adalah bulunya yang berwarna abu-abu keperakan. Biasanya, warnanya juga dideskripsikan sebagai biru. Tubuhnya berbulu tebal, lebat, dan berlapis ganda.

Apabila catlovers mengamati helai-helai bulunya satu per satu, Anda akan mendapati pangkalnya berwarna keabu-abuan dengan ujung berwarna abu-abu atau keperakan, bagian moncong kucing biru Rusia berwarna hitam dan tapaknya lembayung.

 

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *