SCOTTISH FOLD

Si Burung Hantu Berkumis

Siapa tak ingin memiliki hewan peliharaan yang satu ini? Lucu, lincah, dan memiliki bentuk fisik yang unik. Mungkin, inilah salah satu jenis kucing pilihan yang cocok untuk catlovers pelihara di rumah.

Nama kucing ras satu ini adalah Scottish Fold. Sesuai namanya, kucing ini berasal dari Skotlandia, sedangkan fold diambil dari bentuk telinganya yang melipat ke dalam, yang menjadikan kucing ini terlihat mirip burung hantu. Dulu, Scottish Fold bernama Flops.

Tidak semua dari kucing ini terlahir dengan telinga melipat. Beberapa kucing ras Scottish Fold ada yang lahir dengan telinga tegak dan meruncing seperti kucing biasanya atau disebut dengan Scottish Stright.

Ada dua jenis Scottish Fold yang diakui, yang pertama adalah Susie, kucing berbulu putih dan memiliki tampilan telinga yang melipat. Pada tahun 1961, Susie ditemukan di area pertanian di Perthshire, Skotlandia oleh seorang petani. Ketika itu Susie sedang hamil dan kemudian ia melahirkan anak-anak kucing yang memiliki bentuk telinga yang sama dengan Susie. Kemudian, salah satu anaknya Susie diadopsi oleh William Ross dan istrinya yang bernama Mary, tetangga petani yang juga seorang pencinta kucing.

Awalnya, ras ini diberi nama “Flops” (singkatan dari Floppy Ears), dan berubah nama pada tahun 1966 dengan nama “Scottish Fold”. Pada tahun 1966, juga di Inggris, Ross mendaftarkan ras kucing ini kepada Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) dan mulai mengembangkan ras Scottish Fold dengan bantuan seorang ahli genetik bernama Pat Turner.

Pada tahun 1969, program pengembangan tersebut telah melahirkan 76 ekor anak kucing Scottish Fold. Sejumlah 42 ekor di antaranya bertelinga melipat dan 34 ekor bertelinga meruncing. Disimpulkan, gen telinga melipat lebih dominan.

Dalam program pembiakan tersebut, Susie hanya melahirkan seekor anak kucing bertelinga melipat dengan nama Snooks yang segera dikebiri setelah dilahirkan. Setelah Snooks berusia 3 bulan, Susie mati tertabrak mobil. Akhirnya, Susie telah ditetapkan sebagai nenek moyang dari ras Scottish Fold.

Pada tahun 1971, GCCF kemudian menghapus ras Scottish Fold dari daftar kucing ras yang diakui karena alasan gen yang belum stabil. Singkat cerita, Scottish Fold diekspor ke Amerika Serikat dan program pengembangannya berlanjut. Di Amerika Serikat, kucing ini disilangkan lagi dengan ras British Shorthair dan ras American Shorthair hingga kini ras ini sudah memiliki gen yang stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *