Si Imut Maltese

Anjing Maltese adalah salah satu anjing ras paling kuno yang muncul setidaknya 2.000 tahun yang lalu di Malta. Seniman kuno, penulis, penyair dan sejarawan, termasuk filsuf Aristote, mengubah anjing menjadi legenda melalui karya terkenalnya. anjing Maltese memainkan peran khusus dalam peradaban awal umat manusia seperti Mesir, Yunani, dan Roma. Orang-orang Yunani bahkan percaya bahwa mereka adalah binatang suci dan membangun kuburan besar saat anjing-anjing itu meninggal.

Anjing Maltese berkembang secara diam-diam selama lebih dari satu milenium di sekitar Mediterania sampai abad ke-15, ketika mereka menemukan posisi yang solid di kalangan bangsawan Prancis. Kemudian, mereka datang ke Kepulauan Inggris pada abad ke-16 di bawah Raja Henry VIII, dan menjadi favorit bangsawan Inggris dan Ratu. Namun, pada abad ke 17-18, orang Maltese hampir punah sejak peternak mencoba menyenangkan bangsawan dengan cara memperkaya orang Maltese yang lebih kecil, seukuran seekor tupai.


Karakteristik anjing Maltese murni
Anjing maltese berukuran kecil, tingginya di bawah 25cm, dan beratnya 2 – 3kg dan digolongkan sebagai mainan anjing. Ada juga anjing Maltese kecil, yang disebut anjing Teacup Maltese yang tingginya di bawah 15cm dan beratnya kurang dari 1.5kg. Teacup Maltese sangat populer dan sangat mahal, namun sangat cenderung mengalami masalah pencernaan, genetik atau masalah kesehatan serius lainnya.

BACA JUGA:   Mengenal Anjing Chow chow 

Maltese terkenal sebagai anjing bangsawan dengan panjang, tebal, halus, lembut dan putih seperti bulu salju. Beberapa abad yang lalu, bulu Maltese memiliki banyak warna berbeda, seperti kuning, kuning kecoklatan, krim, dan lain-lain. Namun, selama proses diperkenalkan ke dunia, peternak hanya memilih anjing Mal dengan panjang dan aristokratik untuk berkembang biak agar tercipta. keturunan Maltese putih.

Maltese dianggap sebagai anjingcerdas yang setia pada tuannya dan terampil dalam mempelajari trik-trik. Namun, anjing ini juga bisa keras kepala dan dikenal sulit untuk diajari buang kotoran di tempatnya. Maltese adalah jenis anjing yang sangat waspada, dan jika tidak terlatih, mereka dapat menjadi penggonggong yang mengganggu. Maltese akan menggonggong pada setiap provokasi kecil. Jangan membiarkan Maltese berpikir bahwa mereka adalah anggota dominan di rumah, atau jika tidak mereka dapat menjadi agresif pada anak-anak atau orang dewasa.

Kepribadian

Meski terlihat sangat mulia, Maltese adalah jenis anjing yang energik dan aktif, suka berlari dan kebutuhannya biasanya berjalan dan bermain. Sifat Maltese sama sekali tidak angkuh, kebanyakan anjing Malta menjadi angkuh terutama karena pemiliknya terlalu memanjakan mereka dan tidak secara ketat mengajari mereka sehingga mereka memiliki sindrom anjing kecil (Toy dog syndrome yang menurut anjing mereka benar-benar “master”).

BACA JUGA:   Great Dane

Mal yang cerdas, patuh dan mudah dilatih dalam komunikasi sosial atau peraturan di rumah. Mereka juga sangat baik, ramah, keluar tapi bisa agak susah dalam makan.

Merawat Maltese
Merawat rambut Maltese adalah pekerjaan tersulit. merawat mantel maltese itu tidak terlalu menyenangkan. Doglovers harus menyikat rambut setiap hari, harus dengan hati-hati menyisir rambut agar rambut tidak berantakan. Rambut mereka berwarna putih, sehingga mudah kotor, terutama saat diputar. Untuk menjaga agar rambut tetap putih, doglovers perlu memandikannya secara teratur, 1-2 kali sebulan. Maltese biasanya tidak meneteskan air mata tapi doglovers masih perlu menyeka wajah setiap hari untuk menghindari rambut di bawah mata menjadi kotor dan menjadi kuning.

Anjing Maltese bukanlah peranakan yang terlalu aktif, meskipun mereka juga perlu bermain secara teratur dan berjalan-jalan singkat setiap hari agar tetap bugar. Menurut Dog Breed Info Center, mereka aktif di dalam ruangan, tetapi tidak memerlukan halaman untuk berkeliaran. Dengan perawatan yang tepat, anjing Maltese bisa berumur panjang. Harapan hidup normal anjing ini adalah sekitar 15 tahun, tetapi mereka juga dapat hidup sampai 18 tahun.

BACA JUGA:   CIHUAHUA SI MINI YANG CERDAS

Beberapa masalah kesehatan Maltese

Maltese dapat rentan terhadap masalah kulit dan mata serta beberapa masalah pencernaan. Anjing ini juga dapat terbakar matahari di sepanjang bagian bulu mereka karena kulit mereka yang begitu pucat. (Meri)

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *