Peristiwa

Small Animal Acupuntur Class

“Small Animal Acupuncture Class” merupakan program yang dibuat dan dijalankan oleh Chi Institute of Traditional Chinese Veterinary Medicine yang berlokasi di Reddick, Florida – USA. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan hewan, terutama di wilayah Asia Pasifik, Chi Institute mengembangkan program Small Animal Acupuncture Class di beberapa negara seperti China, Taiwan, Korea, Jepang, dan Indonesia.

Program Small Animal Acupuncture Class ini terdiri dari 5 sesi yang dijalankan secara online dan onsite.

Sesi 1-2 onsite dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Hewan – Universitas Udayana, Bali. Dilanjutkan dengan sesi 3-4 onsite yang bertempat di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor. Dan sesi 5, yang disertai dengan ujian tertulis dan lisan, bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada – Yogyakarta.

Kegiatan Small Animal Acupuncture Class sesi 4 telah terlaksana di Rumah Sakit Hewan Pendidikan FKH IPB pada 12-14 Desember 2018.

Pada sesi ini, terdapat 18 orang peserta dokter hewan yang berasal dari 6 negara : Indonesia (6), Malaysia (6), Singapore (3), Phillipines (1), India (1), dan Hong Kong (1).

Acara tersebut terdiri dari kegiatan seminar (review sesi 1-4 online) dan workshop (canine point lab) yang berlangsung selama 3 hari. Pada hari terakhir, para peserta juga diperkaya dengan beberapa contoh kasus klinis yang dapat di tangani dengan menggunakan akupuntur maupun modalities yang lain seperti herbal medicine, tui na massage dan food therapy.

Acara berlangsung dengan sukses. Kegiatan hari pertama dibuka oleh Ketua PDHI Cabang Jawa Barat II, Drh Soenarti D. Waspada, MS, MARS dan Direktur Eksekutif RSHP FKH IPB, Prof Drh Deni Noviana, PhD, DAiCVIM. Pada hari ketiga, peserta juga dikunjungi oleh Ketua PB PDHI, Drh M. Munawaroh, MS yang sekaligus memberikan sertifikat kepada para peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *