Jenis Kucing

Sphynx, Si Kucing Tanpa Rambut

Sphynx merupakan ras kucing berasal dari Kanada bukan Mesir seperti namanya. Kucing Sphynx memiliki postur tubuh yang tegap dan membulat seperti tabung di daerah perut dengan dada lebar.

Kepalanya berbentuk segitiga yang lebih panjang, dahi rata, tulang pipi menonjol, hidung pendek, rahang kuat dan sedikit kumis atau tidak ada kumis. Telinga kucing ini besar, lebar pada bagian bawah, tegak dan tidak ada rambut.

Kucing sphinx memiliki mata terbuka lebar, bulat, dengan sudut yang mengarah ke telinga. Ekor kucing sphinx panjang dengan sedikit rambut di ujungnya yang meyerupai ekorsinga.

Sebenarnya kucing sphinx tetap memiliki rambut dengan tekstur sangat halus di tubuhnya. Kulit kucing ini berkerut dibeberapa bagian kepala, badan, dan kaki. Kerutan tersebut lebih banyak pada kitten dibanding kucing dewasa.

Kucing tanpa bulu muncul diberbagai belahan dunia di waktu yang berbeda. Mexican hairless ada pada era Pra-Colombia. Padatahun 1938, Profesor E. Letar d menemukan adanya mutasi gen yang menyebabkan anak kucing lahir tanpa rambut dari sepasang kucing Siam.

Kucing Ms.Micalwaith seorang catlovers dari Ontario Canada melahirkan seekor kitten Jantan yang tanpa rambut pada tahun 1966. Pada tahun 1970, Cat Fancier Association (CFA) mendata kucing tersebut dan diberinama Canadian Hairless.

Namun, status tersebut segera dicabut karena kucing jenis ini sering mengalami masalah kesehatan dengan tingkat kematian yang tinggi.

Pada 1978, Mrs. Smith menyelamatkan Bambi seekor kucing jantan tanpa rambut yang kemudian di steril dan dijadikan kucing kesayangan. Tahun berikutnya, induk Bambi melahirkan dua ekor kucing betina yang diberinama Pinkie dan Squekie.

Kedua kucing tanpa rambut tersebut diadopsi oleh Hugo Hernandez dari Belanda pada tahun 1980. Hernandez mengawinkan kedua kucing tersebut dengan Ras Devon Rex yang melahirkan 2 ekor kitten tanpa rambut yang diberinama Dermis dan Epidermis. Keempat kucing inilah yang menjadi nenek moyang dari kucing Sphynx.

Sphynx termasuk kucing nakal, mandiri, dan ramah terhadap kucing lain maupun anjing. Kucing ini relative tidak agresif, sangat saying dan bahkan posesif pada pemilik yang memanjakan mereka.

Akibat tubuh yang memiliki sedik itrambut, sphinx sangat sensitif terhadap udara dingin, panas, dan kondisi lembab. Kucing ini sebaiknya dijauhkan dari sinar matahari langsung dan diberi pakan yang tinggi kalori untuk mempertahankan suhu tubuhnya tetap normal. Berbeda dengan kucing ras lain, sphinx harus dibersihkan secara teratur dengan washlap dan tidak disarankan nuntuk dimandikan. (Feby)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *