Tips Membawa Kucing Ke Dokter

Pernahkah catlovers merasa kebingungan ketika kucingnya sakit dan harus membawanya ke dokter, namun bingung bagaimana cara membawanya? Tips-tips di bawah ini, mungkin bisa dijadikan referensi untuk catlovers.

  1. Tas olahraga.

Perlu diingat kucing catlovers tidak boleh mengganggu orang atau hewan lain saat berada di klinik dokter. Jika kucing hanya digendong, ada risiko kucing akan ketakutan dan membuat kekacauan. Jika catlovers tidak memiliki pengangkut, gunakanlah tas olahraga sebagai alternatif.

  • Tas olahraga didesain untuk membawa pakaian dan peralatan olahraga. Oleh karenanya, bagian sisi tas olahraga umumnya terbuat dari bahan nilon yang memiliki banyak lubang sehingga udara bisa mengalir masuk. Sangat ideal bagi kucing untuk tetap bisa bernapas.
  • Majikan yang tidak suka menggunakan pengangkut, umumnya memakai tas olahraga berbahan nilon untuk membawa kucingnya ke dokter. Pastikan saja sisi tas berbahan nilon dan memiliki banyak lubang sehingga kucing bisa bernapas dengan lega.
  • Selain itu, pilihlah tas yang dasarnya kaku dan solid sehingga kucing tidak “tenggelam” saat dibawa-bawa. Kucing bisa merasa tidak nyaman jika “tenggelam” di dalam tas.
BACA JUGA:   Tips Menghilangkan Bau Pesing  

Lengkapilah tas dengan mainan, selimut dan barang-barang lain yang menyenangkan hati kucing.

  1. Gunakan tali kekang

Tali kekang biasanya digunakan untuk mengajak kucing berjalan-jalan. Alat ini bisa dipakai sebagai pengganti pengangkut kucing.

  • Belilah tali kekang khusus untuk kucing. Jangan gunakan tali untuk anjing kecil karena akan membahayakan kucing.
    Sebelum dikenakan, biarkan kucing membiasakan diri dengan tali kekang terlebih dahulu. Letakkan tali secara perlahan di atas tubuh kucing. Biarkan dia mengendus dan bermain-main dengan tali tersebut. Kemudian, pasangkan tali kekang ke tubuh kucing dengan lembut dan kunci kancingnya. Jika kucing memberontak, mintalah bantuan seseorang untuk menahan kucing Anda.
  • Biarkan kucing mengenakan tali kekang untuk beberapa saat. Jangan pegang tali kekang dan awasi terus kucing Anda. Jika kucing Anda sudah kelihatan nyaman dengan aksesori barunya (kucing tidak lagi memberontak atau mencoba melepaskan tali), pasangkan tali pegangan kepada kucing.
  • Ajaklah kucing berjalan-jalan dengan tali kekang di dalam rumah selama seminggu sebelum dibawa ke luar. Biarkan kucing membiasakan diri sampai tidak lagi memberontak sebelum dibawa berjalan-jalan ke luar rumah.
  • Setelah kucing sudah nyaman berjalan-jalan di dalam rumah, latihlah hewan peliharaan Anda untuk berjalan-jalan di sekitar rumah dengan tali kekang. Lakukan latihan selama sebulan sebelum mencoba membawa kucing ke dokter hewan dengan tali kekang. Ingat, di klinik dokter akan ada banyak rangsangan seperti dering telepon, orang-orang dan hewan-hewan asing. Kucing harus dilatih sebanyak-banyaknya sebelum boleh dibawa ke dokter hewan dengan tali kekang. (Meri)
BACA JUGA:   Tips Melawan Flu Pada Kucing

 

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *