TIPS MENGHENTIKAN KUCING MENGUNYAH BENDA

Bukan rahasia lagi jika kucing merupakan hewan yang akif serta memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ada-ada saja tingkahnya yang kadang membuat petlovers terpingkal atau kesal karena khawatir akan hal yang dilakukannya malah membahayakan.

Seperti ketika kucing bosan, kucing akan mengunyah benda yang ada disekitarnya, maka sebaikanya sebagai catlovers yang baik luangkan waktu lebih banyak untuk bermain dengan dia. Dengan beberapa stimulasi tambahan, kucing kemungkinan akan lupa sama sekali untuk mengunyah. Alihkan perhatian kucing dengan beberapa cara berikut :

Beri kucing benda yang boleh dikunyah
Mainan tulang buatan yang kecil, boneka tikus, atau puzzle makanan (food puzzle) untuk menyibukkan kucing. Handuk bekas atau boneka isi dakron juga bisa menjadi mainan yang menyenangkan untuk dikunyah oleh sebagian kucing. Ujung sayap ayam yang mentah (bagian yang kenyal) juga aman Anda berikan kepada kucing.

  • Jika catlovers memberikan sayap ayam, berikan yang masih mentah, karena tulang yang sudah dimasak akan patah dalam bentuk serpihan dan bisa mengakibatkan komplikasi pencernaan.
  • Awasi kucing ketika catlovers memberinya sayap ayam atau tulang buatan.

Ubah jadwal makan kucing

Beri makan sedikit-sedikit tetapi sering dan berikan di tempat-tempat yang berbeda. Gunakan puzzle makanan yang menyediakan mainan serta stimulasi bagi kucing yang suka mengunyah karena bosan atau stres.

Buatlah tempat makan burung luar di luar jendela dan isi dengan padi-padian kesukaan burung

Sebagian besar pemilik kucing tahu bahwa kucing bisa menghabiskan waktu berjam-jam memandang ke luar jendela jika sekelilingnya cukup menarik. Buatlah tempat makan burung (atau bahkan tempat makan tupai) di luar jendela untuk memancing burung datang. Kucing akan lebih tertarik dengan kejadian di luar dan lupa untuk mengunyah.

  • Sediakan tempat tinggi untuk bertengger, menara kucing, atau yang serupa itu di tempat strategis agar kucing mendapatkan pemandangan yang lebih baik ke luar jendela. Furnitur kucing ini juga bisa menjadi bentuk hiburan, terutama jika Anda membeli furnitur yang dilengkapi mainan catnipgantung

Bawalah kucing ke luar rumah dengan cara yang aman. Jangan tiba-tiba membuka pintu dan membiarkan kucing yang biasa hidup di dalam rumah berkeliaran bebas. Lepaskan ke pekarangan belakang rumah yang tertutup atau berpagar agar kucing senang, sambil tetap diawasi. Beberapa menit di luar rumah sambil mengunyah rumput juga bisa mencegah kucing mengunyah benda setelah dibawa masuk ke dalam.

  • Jika Anda tidak memiliki halaman luar yang tertutup, gunakan tali kekang untuk kucing ketika dia bermain di luar.
  • Alihkan perhatian kucing dengan aktivitas mandiri lainnya

Catlovers tentu tidak selalu ada untuk bisa bermain dengan kucing atau mengawasinya ketika dia berada di luar ruangan. Semakin banyak aktivitas mandiri untuk menyibukkan diri, semakin besar pula kemungkinan kucing tidak mengunyah benda sekalipun Anda tidak mengawasinya. Sediakan:

  • Tiang garuk atau alas garuk berbahan kardus. Anda juga bisa menaburi tiang atau alas tersebut dengan catnipuntuk membuatnya semakin menarik.
  • Sembunyikan makanan kering di sekitar rumah. Dengan menyembunyikan makanan di beberapa ruangan yang bisa dijangkau kucing, dia pasti akan berkeliaran mencarinya, alih-alih menghabiskan waktu dengan bosan dan mengunyah benda yang tidak seharusnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *