TOWSER KUCING PEMBURU TIKUS YANG MENDUNIA

TOWSER KUCING PEMBURU TIKUS YANG MENDUNIA

Petlovers pasti tahu dong kisah dari Hachiko di Jepang, anjing ras akita berbulu coklat keemasan yang berhasil menguras air mata? Selama 9 tahun Hachiko begitu setia menunggu tuannya pulang di stasiun Shibuya, tanpa paham jika tuannya sudah tiada.

Akhirnya pada1935 Hachiko mati karena komplikasi kanker dan cacing, karena kesetiannya maka sebagai bentuk penghormatan untuknya, dibuatkanlah patung menyerupai dirinya di stasiun Shibuya.

Nah selain Hachiko, ternyata ada kucing juga yang dibuatkan patung karena dia memecahkan rekor membunuh puluhan ribu tikus?

Mungkin kucing membunuh tikus adalah hal yang sangat biasa. Tak heran orang-orang memelihara kucing demi menyelamatkan rumah dari hewan pengerat ini. Namun kucing bernama Towser ini luar biasa. Dia sampai masuk ke Guinness Book of Records dan dibuatkan monumen lho.
Towser lahir pada tanggal 21 April 1963 dan hidup selama 24 tahun di Pabrik Penyuligan Wiski Glenturret, Skotlandia. Kawasan ini sangat terkenal dengan produksi wiskinya yang berkualitas.

Tempat penyulingan sering kali menarik perhatian tikus karena baunya. Dan untuk menjaga kualitas bahan, Glenturret pun mengadopsi kucing dan melatih mereka untuk ahli dalam membunuh tikus.

Sebenanrya tidak ada yang tahu berapa jumlah pasti tikus yang berhasil ditangkap Towser semasa hidupnya. Menurut studi yang dilakukan Guinness Book of Records, mereka menentukan jumlah berdasarkan dari kecakapan Towser yang diamati selama beberapa hari.

Hitungan akhir yang mereka dapatkan adalah 28.899 ekor tikus. Penghitungan akhir pun diukur berdasarkan statistik yang dikumpulkan. Namun, jumlah ini bisa jadi tidak sepenuhnya akurat. Towser memiliki memiliki kemampuan untuk menangkap rata-rata tiga tikus atau lebih per harinya.

Kepopuleran Towser sebagai kucing gahar pun diabadikan orang-orang dengan mendirikan patung perunggu untuknya setelah dia mati. Juga untuk mengenang prestasinya, mereka menggunakan sidik kakinya pada label setiap botol Fairlie Highland Liquor.

Setelah Towser mati, penggantinya pun ada. Namun tidak ada yang bisa mengalahkan kepiawaian Towser dalam menangkap tikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *