Serba-Serbi

Upaya Penyelamatan Hewan Saat Banjir

Banjir menjadi bencana yang ditakutkan masyarakat saat curah hujan meningkat. Bahkan bencana ini telah menjadi salah satu agenda tahunan di beberapakawasan. Banjir tak hanya memberikan dampak pada manusia, hewan dalam lingkungan masyarakat juga menjadi korban. Saat terjadi banjir, seringkali hewan yang dipelihara tidak sempat diselamatkan dan terperangkap di lokasi banjir.

Hal pertama yang perlu dilakukan petlovers saat terperangkap dalam bencana banjir adalah melepaskan hewan kesayangan saat air mulai meninggi. Kucing atau anjing memiliki kemampuan untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana, namun mereka tidak dapat menyelamatkan diri apabila terkurung dalam kandang.

Jangan takut kehilangan hewan kesayangan karena keselamatan mereka lebih penting. Setelah banjir surut doglovers/catlovers dapat mencari hewan kesayangan, disamping itu mereka juga berusaha untuk kembali pulang setelah banjir surut.

Foto : Wikihow

Evakuasi hewan saat banjir relative sulit karena hewan dalam kondisi stress dan panik. Doglovers/ catlovers yang menyelamatkan diri saat banjir dengan membawa serta hewan kesayangan diharapkan memperhatikan keselamatan diri dan hewan yang dibawa. Hewan bisa dibawa didalam pet travel atau digendong. Hewan yang memiliki ukuran tubuh besar dan sulit untuk digendong, pastikan doglovers/ catlovers mampu membawa mereka keluar dari daerah banjir tanpa menyebabkan kecelakaan pada doglovers/ catlovers maupun hewan kesayangan. Apabila hal itu terasa sulit, doglovers/ catlovers dapa tmenunggu SAR dating dengan perahu karet untuk mengevakuas iowner dan hewan kesayangan dengan aman.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat evakuasi hewan dari bencana banjir adalahtidakpanik. Selama proses evakuasi, doglovers/ catlovers harus memperhatikan unsure keselamatan diri maupun hewan kesayangannya. Selain itu doglovers/ catlovers harus membawa pakan untuk hewan kesayangan karena di daerah penampungan tidak disediakan pakan untuk hewan.

Apabila hewan kesayangan terperangkap didalam rumah, pastikan ada lokasi yang cukup tinggi dengan pakan dan minum yang tersedia. Doglovers/ catlovers diharapkan segera menghubungi komunitas untuk meminta bantuan penyelamatan hewan dengan memberikan petunjuk secara detail agar hewan kesayangan dapat segera diselamatkan.

Banjir seringkali membawa agen penyakit dan menyebabkan wabah pada manusia. Hal yang sama juga terjadi pada hewan. Setelah bencana banjir usai, pastikan doglovers/ catlovers memperhatikan kesehatan hewan kesayangan agar mereka tidak terkena wabah yang biasa terbawa bersamaan dengan bencana banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *