9 MANFAAT MEMELIHARA ANJING BAGI SI KECIL DAN KELUARGA

Manfaat memelihara anjing bagi anak laki-laki, anak perempuan dan anak usia tk. Bukan hanya kucing, tetapi juga memelihara anjing memberi Anda empat manfaat kesehatan ini: anjing atau bahkan kucing karena berbagai alasan. Misalnya, mereka lambat khawatir atau takut akan risiko penyakit seperti alergi. Padahal, selain sebagai penghibur di kala stres, memelihara hewan peliharaan di rumah juga bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Jadi apa manfaat memelihara anjing di rumah? Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini.

 

MANFAAT MEMELIHARA ANJING
Manfaat memelihara anjing bagi anak-anak (w3trending.com)

Manfaat memelihara anjing di rumah

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa memelihara anjing di rumah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan trigliserida, yang meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, pasien serangan jantung yang memiliki anjing memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memiliki anjing di rumah.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, orang yang memiliki hewan peliharaan di rumah merasa lebih bahagia, lebih sehat dan lebih baik daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Alasannya adalah menghabiskan beberapa menit bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin, zat kimia pengatur suasana hati di otak. Bahkan aktivitas tersebut memiliki efek yang sama, seperti memeluk pasangan, mengagumi pemandangan yang indah, dll.

  1. Mengurangi risiko alergi

Kebanyakan orang enggan memelihara hewan peliharaannya di rumah karena takut alergi. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology menemukan bahwa anak-anak yang orang tuanya memelihara hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, memiliki risiko alergi dan asma yang lebih rendah.

Sudah diketahui umum bahwa anak-anak yang terus-menerus berada di sekitar dua atau lebih anjing atau kucing ketika mereka masih anak-anak cenderung tidak mengembangkan alergi umum karena paparan awal bakteri tertentu. Alasannya adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap alergen.

  1. Membantu Anda menurunkan berat badan

Studi telah berulang kali menemukan bahwa berjalan-jalan dengan anjing Anda setiap hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena aktivitas tersebut akan memaksa Anda untuk melakukan aktivitas fisik sedang setidaknya 10, 20, atau bahkan 30 menit setiap hari. Jika Anda secara teratur berjalan dengan hewan peliharaan Anda, pikirkan tentang berjalan lebih lama dan lebih cepat.

  1. Menjaga kebugaran dan aktivitas di hari tua

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Gerontologists menemukan bahwa orang di atas 60 tahun yang memelihara anjing di rumah cenderung kelebihan berat badan, menghindari masalah obesitas dan jarang mengunjungi mereka. dokter karena sakit. Selain itu, untuk manula berusia 60 tahun ke atas, memelihara anjing juga dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol. Nah, itu pasti bisa membantu mereka mengatasi kesepian atau depresi yang dirasakan banyak orang lanjut usia.

Memiliki hewan peliharaan di rumah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, terutama bagi anak-anak. Keterampilan merawat hewan peliharaan dapat mengajarkan anak-anak pelajaran hidup yang berharga seperti tanggung jawab, kepercayaan, kasih sayang, rasa hormat, dan kesabaran. Selain kucing, anjing merupakan jenis hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Selain lucu, anjing adalah hewan yang cerdas, ramah, dan penurut. Tak heran jika anjing ini sering dipelihara sebagai hewan peliharaan di rumah. Moms juga harus menyadari bahwa memelihara anjing dapat memiliki manfaat kesehatan untuk si kecil! Saya tidak percaya itu? Yuk simak penjelasan selanjutnya.

Manfaaat memelihara anjing bagi orangtua
Manfaat memelihara anjing bagi orang tua

Manfaat Memiliki Anjing untuk Kesehatan Anak

Hewan peliharaan membutuhkan makanan, air, dan tentu saja cinta. Memiliki anjing balita secara otomatis mengajarinya untuk bertanggung jawab atas hewan peliharaannya. Manfaat memelihara anjing bagi kesehatan fisik dan mental anak adalah sebagai berikut:

  1. Mengajarkan Cinta

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika memutuskan untuk memelihara anjing, anak juga harus bertanggung jawab atas perawatannya. Mereka secara otomatis belajar untuk mencintai dan melindungi teman berbulu mereka. Secara tidak sadar, kemampuan ini mengajarkan anak untuk selalu bersikap baik dan perhatian kepada orang lain.

  1. Tumbuhkan kepercayaan

Anjing dikenal sebagai hewan yang cerdas. Mereka mampu memberikan dukungan atau kasih sayang tanpa syarat ketika seorang anak atau orang lain sedih, kesal, atau kesal. Ini membangun kepercayaan pada hewan peliharaan, pada diri sendiri dan juga membangun kepercayaan dalam hubungan lain.

  1. Loyalty

Tidak hanya anjing yang cerdas juga dikenal sebagai hewan peliharaan yang sangat setia. Kesetiaan pada anjing bisa menjadi contoh yang baik bagi anak yang memperlakukan orang lain seperti keluarga dan teman di sekolah, misalnya.

  1. Jadikan Anak Lebih Aktif

Anjing bisa menjadi teman yang menyenangkan. Balita Anda dapat membawanya jalan-jalan atau melempar bola. Semua kegiatan tersebut bermanfaat bagi kesehatan anak. Anak yang aktif dapat mendukung perkembangan jantung, otak, dan paru-parunya.

  1. Belajar Sabar

Kadang-kadang butuh waktu lama untuk mengikat seekor binatang. Mengajarkan hewan untuk berperilaku baik, seperti buang air besar atau duduk, membutuhkan waktu dan kesabaran. Dalam arti tertentu, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan mungkin lebih sabar dan tidak mudah mengamuk.

  1. Meningkatkan keterampilan sosial

Hewan peliharaan sangat bagus untuk membantu mengatasi kelelahan. Saat berjalan-jalan, anjing dapat terus mengobrol dengan orang lain dan meningkatkan keterampilan sosial si kecil.

  1. Menumbuhkan Empati

Anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan lebih berempati terhadap orang lain. Pasalnya, saat memelihara hewan, ia harus merawatnya dan memberi mereka cinta penuh.

  1. Mendidik untuk Menghormati

Saat merawat anjing, anak Anda secara otomatis akan belajar bahwa anjing harus disentuh dengan lembut tanpa mengganggu mereka saat mereka makan dan tidur. Keterampilan ini akan mengembangkan rasa hormat terhadap orang lain.

  1. Meningkatkan Imunitas

Diterbitkan di Halaman Negara Bagian Michigan. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal dengan anjing lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami infeksi telinga dan infeksi pernapasan. Paparan hewan pada usia dini diyakini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Studi lain yang diterbitkan dalam artikel Time Mengapa Anjing dan Kucing Membuat Anak Lebih Sehat menunjukkan bahwa paparan bulu hewan peliharaan dapat menyebabkan perkembangan sistem kekebalan anak yang dapat melawan alergen dan serangga. Inilah Manfaat Memelihara Anjing Bagi Kesehatan Si Kecil.

Source:

https: //wikipedia.com

https://hellosehat.com/alergi/alergi-lainnya/pelihara-anjing-manfaat-sehat/

https://www.halodoc.com/artikel/9-manfaat-memelihara-anjing-untuk-kesehatan-anak

(Subarkah)