Dog Habit

Adaptasi Anjing Secara Fisik & Terhadap Lingkungan

adaptasi anjing

Anjing memiliki caranya sendiri untuk beradaptasi dengan lingkungan agar sesuai dengan selera mereka. Adaptasi anjing akan meningkatkan peluangnya untuk bertahan hidup di lingkungan tertentu.

Maka jangan heran jika kamu mengadopsi anjing dan dia butuh beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Juga bisa butuh waktu bagi anjing untuk bisa ramah dengan anggota keluarga.

Beberapa macam adaptasi anjing antara lain:

Adaptasi Fisik

Pendengaran, penciuman, pengecapan, penglihatan, dan sentuhan membantu anjing beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan. Adaptasi fisik sangat penting dan berdampak signifikan pada perilaku anjing.

#1 Penglihatan

Anjing memiliki adaptasi pengindraan gerak dan cahaya dengan mata mereka. Adaptasi ini membantu mereka berburu di malam hari, mendeteksi gerakan kecil, dan menyukai lingkungan.

#2 Penciuman

Anjing memiliki indra penciuman yang kuat, yang membantunya saat berburu. Penciumannya 1 juta kali lebih kuat daripada manusia. Indra penciuman juga membantu anjing mengetahui apakah ada anjing lain di sekitar atau saat mereka berada di wilayah anjing lain.

#3 Pendengaran

Anjing memiliki pendengaran yang kuat, yang memungkinkan mereka untuk mendengar mangsa atau penyerang mereka. Hal itu membantu mereka mendeteksi bahaya ketika mereka tidak dapat melihat musuhnya.

#4 Gigi

Anjing mempunyai gigi carnassial yang berguna untuk menghancurkan tulang, dan gigi taring yang kuat untuk merobek daging.

Adaptasi Terhadap Lingkungan

Lingkungan tempat di mana anjing hidup memicu instingnya. Misalnya, jika ia tinggal di sebuah peternakan dan ada banyak suasana liar di sekitarnya, ia cenderung meningkatkan perilaku berburu.

#1 Anjing Peliharaan Keluarga

Anjing yang sebelumnya menjadi hewan peliharaan keluarga akan beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan baru. Anjing juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Oleh karena itu, ketika kamu melihat anjing barumu tampak ketakutan atau tidak nyaman, itu karena dia belum terbiasa dengan lingkungan barunya. Nanti lama-lama ia akan terbiasa.

#2 Tingkat Interaksi

Anjing yang dibesarkan di lingkungan terbuka memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai benda dan orang asing. Hal itu akan membuat tingkat adaptasinya menjadi lebih tinggi.

#3 Menandai Wilayah

Anjing memiliki kebiasaan berguling dan menggali di kandang atau tempat tidur anjingnya untuk menyebarkan baunya. Itu adalah cara anjing untuk menandai wilayahnya.

Mereka juga menggali dan mencakar ketika terganggu secara emosional, sedang bersemangat, atau cemas. Begitu seekor anjing merasa nyaman dengan lingkungannya, ia akan menandai wilayahnya untuk menakut-nakuti anjing lain.

#4 Rutinitas

Jika kamu mendadak mengubah rutinitas makan atau pola jalan-jalan anjingmu, hal itu dapat membuatnya cemas dan stres. Anjing mengekspresikan perasaan cemas dan stresnya dengan menggaruk lantai, menghancurkan barang-barang, mencari perhatian, dan bentuk agresi lainnya.

#5 Anjing Kawanan

Anjing yang sebelumnya hidup dengan kawanan akan mudah beradaptasi dengan manusia. Apalagi jika ia bukan pemimpin kawanan, maka bisa lebih mudah beradaptasi dan dilatih karena sudah terbiasa dipimpin.

Tingkat adaptasi tergantung pada kemampuan interaksi anjing, ikatan dengan manusia dan lingkungan tempatnya tinggal. Selalulah bersabar dengan anjing saat ia masih beradaptasi dengan lingkungan baru. Bantu anjing dengan menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *