Cat Habit

Gimana Sih Cara Agar Kucing Nurut?

Cara agar kucing nurut

Para pecinta kucing tentu sangat perhatian dengan kucing kesayangannya. Namun kadangkala, sang pemilik direpotkan dengan tingkah laku kucing yang susah diatur, tidak penurut, bahkan tiba-tiba berubah menjadi agresif, nakal, dan galak.

Lalu gimana sih cara agar kucing nurut sama kita? Sebelumnya, ketahui dulu apa penyebab kucing tidak mau menurut.

Youtube Cat & Dog

Penyebab Kucing Tak Mau Menurut

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kucing menjadi galak atau nakal, di antaranya kucing berasal dari indukan yang galak dan cara mengasuh kucing sejak kecil. Selain sifat turunan, kucing galak juga bisa disebabkan adanya sesuatu yang dirasakan tidak enak oleh kucing tersebut. Tidak nyamannya kondisi tubuh maupun mental dapat membuat kucing menjadi sangat agresif.

Kucing yang agresif dapat melukai siapa pun dengan cakar maupun gigitannya. Penting untuk diketahui bahwa mulut kucing penuh dengan kuman Bartonella hensalae. Oleh sebab itu, jika digigit kucing, segeralah cuci bekas gigitan atau bersihkan dengan cairan antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi. Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kucing menjadi agresif.

Kondisi kucing. Ketenangan kucing bisa berubah menjadi agresif jika sedang mengalami sakit. Jika mengalami cidera, bantu kucing secara perlahan dan biarkan tenang terlebih dahulu. Setelah kucing sudah menaruh kepercayaan, lakukan pengusapan leher serta bagian belakang telinga. Jika memungkinkan, usap pada bagian atas hidung di antara kedua matanya.

Ketakutan. Rasa ketakutan yang luar biasa menyebabkan kucing berubah menjadi galak dengan tiba-tiba. Untuk sementara, jangan dekatkan kucing dengan penghuni rumah dan pendatang baru di rumah.

Perkelahian. Keagresifan yang disebabkan permainan memang seringkali terjadi, baik bermain dengan pemiliknya maupun dengan sesama kucing. Jika hal ini terjadi, menghindarlah terlebih dahulu agar tidak terkena cakaran atau gigitan kucing.

Melihat hewan kecil. Sifat dasar kucing sebagai pemangsa, pemakan daging, atau karnivora. Oleh sebab itu, kucing bisa menjadi agresif jika melihat hewan lain seperti burung, cicak, tikus, atau bahkan melihat kucing yang baru lahir.

Cara Membuat Kucing Nurut

Melatih kucing agar pintar dan penurut memang membutuhkan kesabaran ekstra. Namun, dengan ketekunan serta pendekatan yang tepat, melatih kucing bukanlah sesuatu yang mustahil. Pada dasarnya, melatih kucing agar pintar dan penurut sama saja, baik pada kucing domestik maupun kucing ras. Menurut Adinda, beberapa tips agar kucing peliharaan menjadi pintar dan penurut yang dapat dilakukan sebagai berikut.

Memberi makan. Biasakan memberi makan sesuai jadwal dan tepat waktu, misal sehari tiga kali pada jam yang sudah ditentukan sebelumnya. Cara ini bisa membuat kucing terbiasa sehingga ketika waktu makan tiba kucing akan dengan sendirinya menghampiri dengan mengeong untuk meminta jatah makan.

Bercanda. Adakalanya hewan juga membutuhkan suasana riang, begitu pula kucing yang membutuhkan waktu rileks. Ajak kucing bercanda, misalnya dengan melemparkan bola kecil agar bisa dijadikan objek permainan atau apa saja yang bisa membuatnya tertarik.

Latih saat kucing masih kecil. Melatih kucing ketika masih kecil (kitten) lebih mudah daripada melatih kucing yang sudah dewasa. Alasannya, apa yang diajarkan sejak kucing kecil akan terus diingat saat kucing tumbuh dewasa. Jika membeli kucing ras yang sudah dewasa, tanyakan kebiasaan kucing sebelumnya agar tidak stres saat di rumah baru.

Berikan kasih sayang dan perhatian. Dengan memberikan kasih sayang dan perhatian, kucing akan merasa senang dan tentunya akan lebih menuruti kehendak pemiliknya. Latihan apapun yang diberikan akan lebih cepat diserap oleh kucing. Berikan sedikit perhatian seperti mengelus dan membelai bulu kucing kesayangan secara perlahan dan lembut. Jangan pernah sesekali membentak atau pun memukul kucing meski kesalahan kucing yang diperbuat membuat kita marah. Sekali kucing dipukul atau pun dimarahi, kucing akan selalu mengingat perlakuan tersebut.

Pelatihan yang sistematis. Agar kucing pandai dan pintar dalam melakukan sebuah trik, pemilik harus merancang dan membuat program untuk melatih kucing sesuai dengan trik yang ingin diajarkan. Jangan lupa, dalam setiap melakukan latihan, berikan penghargaan seperti makanan kucing seusai latihan. Ini berguna agar kucing merasa senang mengikuti latihan yang kita berikan.

Semakin baik perlakuan pemilik akan cepat membuat kucing tersebut menjadi nyaman di samping pemiliknya. Jika sudah merasa nyaman maka dengan sendirinya perilaku kucing akan berubah sedikit demi sedikit. Perlakukan kucing dengan baik seperti mengelus atau membelainya, memberikan makanan enak, mengajaknya tidur bersama dan mengajaknya bermain. Habiskan banyak waktu bersama kucing sehingga kucing merasa senang. (Althaf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *