Ciri-ciri Kucing Terkena Diabetes, Memilih Obat dan Makanan

Ciri-ciri kucing terkena diabetes. Bagaimana cara memilih obat dan makanannya agar luka diabetes pada kucing bisa sembuh? Diabetes mellitus (diabetes gula) adalah suatu kondisi yang timbul dari kekurangan insulin dalam tubuh kucing. Insulin adalah hormon penting, yang diproduksi oleh pankreas, yang mengatur kadar glukosa darah (gula). Dengan tidak ada cukup insulin, glukosa darah meningkat ke tingkat yang tidak sehat dan menyebabkan gejala khas.

 

Apakah kucing bisa kena diabetes (Hill's Pet Nutrition)
Apakah kucing bisa kena diabetes (Hill’s Pet Nutrition)

Ciri-ciri kucing terkena diabetes, gejala yang ditunjukkan adalah:

  • Penurunan berat badan
  • Menambah rasa haus dan buang air kecil
  • Nafsu makan normal atau meningkat

Ciri-ciri kucing terkena diabetes berikutnya, dalam beberapa minggu, jika gelaja diatas tidak segera ditangani, bisa berkembang menajdi lebih buruk dan mengakibatkan:

  • Nafsu makan buruk
  • Muntah
  • Dehidrasi
  • Koma dan kematian

Pada kucing, diabetes biasanya terdeteksi pada pasien paruh baya atau lebih tua, dan sedikit lebih umum pada laki-laki. Ini adalah salah satu dari sejumlah kondisi yang menyebabkan peningkatan rasa haus dan buang air kecil pada kucing, yang umum lainnya adalah kelenjar tiroid dan penyakit ginjal yang terlalu aktif.

Diabetes berkembang selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan pada kasus yang tidak rumit, bukanlah kondisi yang mendesak. Pada saat diagnosa, banyak kucing akan hidup dengan diabetes untuk beberapa waktu dan metabolisme mereka telah memberikan kompensasi untuk masalah tersebut. Namun, jika tidak dikoreksi, diabetes memburuk dan suatu titik muncul ketika kondisi tersebut muncul sebagai situasi darurat dan mengancam jiwa. Dalam kasus ini, kucing mengalami gejala dan komplikasi parah yang timbul dari kadar gula darah tinggi kronis. Kucing-kucing ini dapat memasuki fase berbahaya ‘ketoasidosis’, ketika koma. Kematian sudah dekat pada saat ini karena banyak organ yang berbeda menjadi terpengaruh dan tidak berfungsi sebagai akibat dari komplikasi yang terkait dengan diabetes.

 

Ciri ciri kucing terkena diabetes dan penyebabnya (catvets.com)
Ciri ciri kucing terkena diabetes dan penyebabnya (catvets.com)

Pertolongan pertama & perawatan kucing terkena diabetes

Jangan pernah membatasi akses ke air pada kucing yang semakin haus, bahkan jika kucing buang air kecil secara berlebihan dan mengompol di rumah. Kucing biasanya tidak bisa mengendalikan rasa haus, dan kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi. Jika memungkinkan, kumpulkan sampel urin untuk dibawa ke dokter hewan. Tes sederhana untuk hal ini biasanya dapat menyingkirkan diabetes dan membantu dengan diagnosa lain juga. Pada kucing koma, ikuti saran yang diberikan di bawah Collapse dan segera cari bantuan.

 

Perawatan kucing setelah dipastikan ciri-ciri kucing terkena diabetes

  • Sayangnya, sebagian besar kucing diabetes tidak dapat dikontrol dengan tablet (seperti beberapa orang yang menderita diabetes tipe tertentu). Sebaliknya, suntikan insulin harian yang diberikan oleh pemilik diperlukan. Banyak kucing melakukan yang terbaik saat disuntikkan dua kali sehari, tetapi suntikan sekali sehari juga mungkin dan mungkin lebih cocok untuk pemilik.
  • Tidak ada dosis standar insulin. Setiap kucing berbeda dan rutin dilakukan untuk mereka oleh praktek dokter hewan yang bersangkutan. Stabilisasi adalah proses bertahap dan biasanya diregangkan selama beberapa minggu.
  • Diabetes membuat tuntutan tinggi pada pemilik kucing karena rutinitas harian yang teratur, perhatian yang cermat pada diet dan berat badan, dan tes darah rutin yang dilakukan di praktek dokter hewan akan diperlukan. Beberapa pemilik merasa mereka tidak dapat mengatasi tuntutan dan, dalam kasus ini, jika rumah alternatif tidak dapat ditemukan, eutanasia biasanya merupakan pilihan paling baik untuk kucing diabetes yang membutuhkan perawatan. Setelah mengatakan ini, banyak pemilik (meskipun gentar pada awalnya) segera mengambil teknik injeksi, dapat mengatur perawatan kucing dengan sukses, dan mengalami kepuasan luar biasa dari mengembalikan kucing mereka ke kesehatan yang lebih baik.
  • Biaya yang sedang berlangsung termasuk tes darah, pemeriksaan kesehatan dan biaya insulin, jarum adalah barang sekali pakai lainnya (misal tongkat tes urin) yang dapat digunakan.
  • Setelah dosis yang tepat tiba, jumlah pemeriksaan dapat dikurangi dan pemilik dan kucing dapat melakukan rutinitas harian yang dapat diprediksi. Banyak kucing terus memiliki kualitas hidup yang baik, meskipun umur mereka cenderung berkurang oleh diabetes mereka. Beberapa masalah umum dalam mengobati diabetes Pada tahap awal, pemilik dapat menemukan beberapa masalah terkait perawatan kucing diabetes mereka. Secara umum, selalu mendekati praktik yang terkait dengan kucing Anda, tetapi panduan berikut ini mungkin berguna sebagai informasi latar belakang dalam situasi ini.
Makanan untuk kucing diabetes (dailypaws.com)
Makanan untuk kucing diabetes (dailypaws.com)

Masalah 1. Memberikan suntikan insulin

‘Saya pikir saya mungkin telah’ kehilangan ‘ketika memberikan suntikan’ Ini adalah masalah umum pada tahap awal, sebelum pemilik menjadi sangat mahir dalam memberikan suntikan insulin. Jika Anda yakin tidak ada insulin yang diterima, ulangi injeksi. Jika ada keraguan, lebih aman untuk menunggu sampai injeksi berikutnya selesai. Kucing mungkin sedikit tidak stabil, tetapi ini tidak mungkin menyebabkan masalah serius. Overdosis bisa lebih berbahaya.

 

Masalah 2. ‘Terlalu banyak insulin secara tidak sengaja diberikan’

Entah dosis yang salah ditarik dan disuntikkan atau lainnya, mungkin, orang lain di rumah bisa memberikan kucing suntikan tanpa menyadari bahwa ini sudah dilakukan oleh orang lain. Apa yang harus dilakukan: Selalu jelas siapa yang merawat kucing, dan kapan! Pengisian hati-hati dari grafik perawatan diabetes dan menjaga ini di tempat yang menonjol harus menghindari pengulangan injeksi yang tidak disengaja. Pastikan Anda memahami cara membaca tanda pada jarum suntik insulin dan, jika perlu, minta staf dokter hewan untuk membuat tanda pada jarum suntik untuk menunjukkan dosis yang tepat.

Dengan asumsi kesalahan telah terjadi, atau terlalu banyak diberikan karena alasan lain, kucing harus diamati dengan hati-hati selama 24 jam berikutnya. Bahayanya adalah bahwa glukosa darah akan turun sangat rendah karena kelebihan insulin. Ketika ini mulai terjadi, sebagian besar kucing akan menjadi lapar, sehingga makanan harus tersedia setiap saat. Sumber gula / glukosa juga harus disimpan dan jika gemetar atau tidak sadarkan diri terjadi, sumber gula harus diletakkan di mulut kucing atau digosokkan ke gusi. Ini biasanya dengan cepat memperbaiki kondisi kecuali diberikan overdosis besar-besaran. Hubungi praktik dokter hewan di setiap kasus.

 

Masalah 3: Kucing ditemukan pingsan / kejang

Dalam situasi ini, mungkin tidak diketahui apakah overdosis atau underdosis telah terjadi. Tindakan teraman adalah mengobati overdosis (mis. Berikan gula / glukosa seperti di atas) dan segera cari bantuan. Pada kucing yang sedang dirawat karena diabetes, overdosis lebih mungkin terjadi kecuali ada masalah serius dalam pemberian insulin pada hari-hari sebelumnya.

(Mustika)

Tags: ciri ciri kucing terkena diabetes, makanan untuk kucing diabetes, obat kucing diabetes, penyebab kucing diabetes,
apakah kucing bisa kena diabetes, luka diabetes pada kucing, royal canin diabetic, luka pada kucing tidak sembuh