Serba-Serbi

GANGGUAN URINASI PADA KUCING WEBINAR BATCH 16

Pernah mendengar istilah “malu-malu kucing?”
Istilah yang menandakan sikap seseorang yang mudah “baperan”, apa-apa dibawa perasaan.

Rupanya istilah ini sangat tepat, melekat pada hewan kesayangan kita, yang mudah stress yang salah satunya menjadi penyebab “gangguan pipis atau urinasi” dirinya.

Drh Tizani Qisthina dari Klinik Citra Pet & Vet Cibubur, membahasnya secara gamblang pada webinar
Batch ke 16 Sabtu 17 Juli 2021 pukul 09.00-11.00WIB di webinar dua mingguan Majalah Cat & Dog.

Didampingi Moderator Drh Rakhmat Nurianto, MBA webinar ini didukung oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan majalah online Vetnesia, event organizer Indonesia International Pet Expo (IIPE), komunitas pecinta kucing Indonesian Cat Association (ICA), komunitas pecinta anjing Perhimpunan Kinologi Indonesia (PERKIN) dan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (DKPKP)Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Collaboration) dan beberapa klinik hewan kesayangan, seperti Citra Pet & Vet Cibubur.

Gangguan pipis pada kucing ternyata lebih banyak dialami oleh kucing jantan, karena saluran uretranya lebih panjang menuju kantung pipis, bibandingkan betina.

Saat konsultasi ke dokter, gangguan pipis kucing ini sering disebut FLUTD (Feline Lower Urinary Track Disease) atau sakit yang menyerang saluran urinasi bawah (kantung kemih dan uretra).

Gejalanya sering dapat dilihat adanya 1) anyang-anyangan 2) adanya darah saat pipis 3) sering menjerit meong
saat pipis 4)suka pipis di sembarang tempat 5) suka jilatin organ pipisnya 6) dan terlihat kesulitan pup.
Seperti apa serunya webinar batch 16, dapat disimak rekaman berikut ini.

Webinar dua mingguan selanjutnya direncanakan Sabtu 31 Juli 2021 mengangkat topik GROOMING, dengan pembicara Drh Fadia Adhari, seorang praktisi Pet Animal yang juga Manajer di PetGo Klinik Cipete dan Klinik Hewan Petshop Indonesia.

Sahabat Cat & Dog dapat mendaftarkan webinar batch 17 dari sekarang diĀ https://docs.google.com/forms/d/1OC9t5DMwqvlGJM_XIIlFdfdfrIiYPUYYtZQ3JzqJl2Y/edit
Sampai jumpa di dua Sabtu mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *