Cat Habit

Kenapa Kucing Sering Tidur

Kenapa kucing sering tidur

Kucing menghabiskan sekitar setengah harinya untuk tidur. Sisa waktu lainnya mereka gunakan untuk makan, minum, grooming, dan aktivitas lainnya.

Alasan kenapa kucing sering tidur adalah karena mereka karnivora. Kucing membutuhkan banyak energi untuk menangkap mangsanya. Ketika mereka sudah cukup makan, mereka menghemat energinya dengan tidur, dan kebiasaan ini terus melekat pada kucing domestik.

Di alam liar kucing aktif pada waktu senja dan sekitar fajar, dimana mangsa mereka juga aktif. Karena sudah aktif di malam hari maka kucing menggunakan siang harinya untuk banyak tidur.

Alasan lain kucing banyak tidur adalah karena bosan. Jika tidak ada hewan untuk ditangkap, mainan yang menarik, hal-hal yang bisa dilakukan, mereka akan tidur. Itulah kenapa kucing yang dikandang cenderung banyak tidur.

Kucing yang sakit seperti sakit radang sendi juga akan banyak tidur. Karena bergerak terasa menyakitkan bagi mereka.

Anak kucing yang baru lahir biasanya tidur 24 jam sehari. Bertambah dewasa jumlah tidur yang dibutuhkannya menjadi makin berkurang rata-rata 16 jam sehari. Ketika kucing menjadi tua mereka kembali membutuhkan lebih banyak tidur.

Tidur juga dilakukan kucing untuk mengatur suhu tubuhnya. Hal itu merupakan adaptasinya untuk hidup di iklim yang panas.

Kucing juga akan tidur untuk kesenangan dan kenyamanan. Seperti manusia yang rebahan karena ingin bersantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *