KUCING BIRMAN SI KUCING DEWA

Kucing Birman merupakan namanya dari negara asalnya, yaitu Burma atau Myanmar. Kucing ini identik dengan kehidupan kuil di negara asalnya. Disebut-sebut sebagai bentuk reinkarnasi karena warna matanya yang berwarna biru seperti titisan dewi dari kuil. Perawakannya tegap dan kuat dengan sebutan kucing color point seperti halnya kucing siamese/kucing siam.

Sebutan Color point sebenarnya merujuk pada warna gelap pada sebagian tubuhnya, biasanya pada wajah, telinga, ekor dan keempat kakinya akan tetapi cakar dan telapak kaki masih berwarna putih. Kucing Birman merupakan jenis kucing peliharaan yang menyenangkan. Kucing ini cukup cerdas dan mampu beradaptasi dengan baik dengan manusia sehingga cocok untuk dijadikan teman anda maupun anak-anak.

Kucing ini juga senang dengan beberapa jenis permainan hingga kadang mereka bisa menjadi sok sibuk sendiri hingga akhirnya akan mencari pemiliknya jika sudah bosan dengan permainannya. Kucing ini juga cukup fleksibel, bisa mengerti kesibukan pemiliknya hingga dia akan setia menunggu pemiliknya pulang kerja atau pulang sekolah.

Ras Birman berasal dari sepasang kucing yaitu Orloff dan Xenia de Kaabaa. Ras Birman sendiri mulai diakui di Inggris yaitu pada tahun 1966, barulah setelah itu Amerika mengakui ras Birman. Kucing ras Birman memiliki ciri khusus yaitu berukuran sedang dengan berat badan 4 sampai 6 kg untuk yang jantan. Sementara untuk yang betina memiliki berat atau bentuk badan yang lebih kecil dibandingkan yang jantan. Ras Birman sangat identik dengan warna biru pada matanya tersebut, ras Birman hampir menyerupai ras Siam.

 

KUCING BIRMAN SI KUCING DEWA
Ciri Khas  Kucing Birman

Kucing ras Birman adalah kucing berukuran sedang dengan berat badan kucing jantan 4-6 Kg. yang betina biasanya sedikit lebih kecil dibandingkan jantan. Birman hanya mempunyai warna mata biru.

Pola warna ras ini menyerupai ras Siam yang dikenal dengan istilah “Colour point” (warna gelap pada telinga, wajah, ekor dan keempat kaki) kecuali keempat telapak kaki dan cakar (paw) yang berwarna putih.  Badan tegap dengan panjang sedang, ditopang kaki yang kuat. Kepala lebar dan bulat, pada hidung ada sedikit lekukan, sedangkan mata hampir bulat dan berwarna biru.  Telinga berukuran sedang dengan ujung melengkung.

Bulu leher dan ekor tumbuh sempurna, tebal dan halus. Warna bulu badan lebih pucat dibandingkan warna point pada kedua telinga, muka, kaki dan ekor.  Yang membenadan dengan Ras Siam dan himalaya adalah warna putih pada keempat jari-jari kakinya. Warna putih ini sebaiknya simetris, tidak melebihi batas pergelangan kaki.

Birman mempunyai temperamen yang menyenangkan. Mereka relatif cerdas dan keterikatan pada pemiliknya sangat erat. Ras ini juga senang berada disekitar manusia. Kadang-kadang kucing ini juga terlihat sering menyesuaikan jadwalnya dengan pemiliknya. Kucing ini sering menunggu pemiliknya pulang ke rumah, “Just to say Hello as soon as you get home”

 

Sejarah Ras Kucing Birman

Kucing Suci Burma ini (Burma sekarang dikenal sebagai Myanmar) adalah kucing yang dilapisi dan diwarnai secara khusus. Kucing birman dihargai oleh para imam dan banyak legenda mengelilingi asal mereka. Seorang ratu anjing laut bernama Sita yang diekspor ke Prancis sekitar tahun 1919 melahirkan tandu yang menjadi persediaan dasar bagi jenis di barat. Pada akhir Perang Dunia Kedua, mereka hampir punah di Prancis dan di seluruh Eropa.

Mengikuti persilangan dengan kucing Persia dan Siam. Spesimen pertama tiba di Inggris pada 1960-an dan kucing pertama kali dikenali di Amerika oleh CFA pada tahun 1967. Dilarang melakukan penyilangan dan di sebagian besar pendaftar lainnya, kucing harus memiliki lima generasi mengikuti penyimpangan untuk memenuhi syarat. Pada 1999, dengan lebih dari 1000 kucing terdaftar, trah ini masuk 10 besar di CFA. Secara tradisional, kucing diberi nama untuk tahun kelahiran mereka dengan memiliki huruf standar alfabet untuk memulai nama mereka. Pada tahun 2003, peternak mulai kembali pada huruf “A” setelah bersepeda melalui 26 tahun alfabet.

 

Karakteristik Fisik Kucing Birman

Berat: 10-18 lb (4,5-8 kg) Mantel: Anak kucing dilahirkan putih dan mantel biasanya tidak menyelesaikan perkembangannya sampai jatuh tempo, meskipun pigmentasi mulai berkembang dengan baik sebelum disapih. Mantel tunggal menengah-panjang penuh seperti mantel Persia tetapi lebih pendek dan teksturnya lebih sutra. Warna kejuaraan CFA sama dengan kucing ras Siam.

Tanda-tanda gauntlet (atau tali) terdiri dari ekstensi putih dari sarung tangan yang berlari di permukaan plantar dari metatarsal. Pola ini adalah sifat resesif autosom. Idealnya, tali adalah setengah hingga tiga perempat dari tinggi hingga tarsus. Mittens tidak memanjang di atas titik di mana paw bertemu dengan tungkai vertikal di kaki depan. Topeng menutupi sebagian besar wajah. Mantel utama berwarna terang dan di bagian belakang dan sisi idealnya tampak seperti kabut emas, disebut kabut emas; lapisan ini sering tidak ada pada anak kucing. Mata: Besar, lebar, biru safir. Biru tua lebih baik.

Poin Konformasi: Wajah memiliki tampilan khas Siam, tetapi wajah yang lebih tebal dan bulat membedakan mereka. Wajahnya lebih seperti baji bulat. Profilnya sedikit berhidung Romawi, telinga kecil dan lebar. Hidungnya panjangnya sedang, dahi. Ekornya ukuran dan panjangnya penuh dan sedang, dan tubuh kucing-kucing ini panjang. Ekstremitas dengan tulang yang tebal dan panjang sedang memberikan konformasi yang agak kekar. Cakar besar dan bulat. Perawatan: Gaya rambut Birman memiliki persyaratan perawatan rendah-sedang dan terlihat paling baik dengan menyikat setiap hari; Rambut memiliki kecenderungan anyaman yang sangat rendah.

 

Masalah dan Sifat Perilaku Kucing Birman

Karakteristik breed yang dilaporkan antara lain: Main-main, ramah, tenang, meskipun tidak setunduk orang Persia, kurang aktif dan kurang vokal dibandingkan orang Siam dengan suara lembut. Birman mungkin terikat dengan satu orang, dan mereka mungkin agak teritorial. Sangat sayang, mereka agak seperti kucing pangkuan. Saat marah, kucing Birman mungkin mengeluarkan suara terengah-engah. Bergaul dengan anjing, beberapa bahkan akan menawarkan untuk merawat favorit mereka. Jika orang-orang di rumah tidak ada di siang hari, semacam teman harus dipertimbangkan untuk membantu menjaga mereka tetap puas.