Serba-Serbi

PERAWATAN ANJING DAN KUCING DI RUMAH PASCA STERILISASI

Jangan heran, jika di beberapa pekan ini suasana tempat tinggal anda dimeriahkan oleh suara raungan kucing, yang saling bergantian, itu tandanya  sedang musim kawin.  Perseteruan kucing jantan berebut betina, atau kucing jantan pemenang persaingan sedang merayu betina yang birahi, sama-sama menimbulkan suara “meriah”.

Begitulah siklus alamiah musim kawin.   Tak hanya kucing, anjing pun demikian, gelisah dan gusar saat belum bertemu lawan mainnya.   Maka tak heran jika terjadi dampak buruk dari persaingan berebut lawan  jenisnya, sering terjadi perkelahian yang berakibat “babak belurnya” salah satu atau kedua belah pihak.

Youtube Cat & Dog

Bagi anjing atau kucing liar yang tak bertuan, proses alamiah musiman tersebut tentu menjadi hal lumrah, yang kurang kita perhatikan.  Namun ketika keberadaan anjing dan kucing ini  dalam wilayah internal keluarga, sebagai hewan kesayangan, maka kegelisahan siklus birahi, sangat  berpengaruh bagi kesejahteraan anjing-kucing kita.

Program sterilisasi pada Anjing dan Kucing menjadi pilihan yang bijaksana, setelah hewan kesayangan kita telah memenuhi syarat pelaksanaan sterilisasi.   Apa saja syarat sebelum sterilisasi ? dan Apa saja perlakuan pasca sterilisasi ?      Sahabat Cat & Dog dapat menyimak ulasannya pada rekaman video Webinar batch 8 pada kanal Youtube Majalah Cat & Dog pada Sabtu 13 Marert 2021, yang terlaksana pukul 09.00-11.00 WIB, yang dibawakan oleh Drh. Afif Yuda Kusumah, seorang Dokter Hewan Spesialis Bedah dari Klinik Anugerah Satwa BSD.

Melalui webinar tersebut, Dokter Afif, berbagi pengalamannya selama berpraktek dan Tips mengenai PERAWATAN ANJING DAN KUCING DI RUMAH PASCA OPERASI STERIL”.

Peserta webinar meyimak, bagaimana sebaiknya menyiapkan langkah-langkah sterilisasi, seperti : hewan dalam kondisi sehat, hewan dipuasakan, pemeriksaan fisik dan penunjang sebelum operasi, pelaksanaan operasi dan perawatan pasca operasi.    Penjelasan tersebut menggambarkan bahwa proses tersebut menjamin kenyamanan bagi Anjing atau Kucing selama pelaksanaan dan setelah penyembuhan. Sehingga kontroversi anggapan orang tentang
sterilisasi, terjelaskan dengan gamblang.

Sesi tanya jawab dipandu Mederator Drh. Rakhmat Nuriyanto,MBA , menggali jawaban dari pembicara seputar pengalaman prakteknya menangani kesehatan hewan kesayangan yang sering terkait dengan upaya penghematan biaya pengobatan yang dilakukan pet lover, contohnya dengan menggunakan obat manusia, seperti antibiotik.

 

Pada diskusi tersebut diberikan wawasan mengenai hal-hal yang masih bisa dijalani dan sebaiknya dihindari, agar kesehatan dan kesejahteraan hewan kesayangannya tetap opotimal.

Seperti biasa, di penghujung acara, dilakukan sesi foto bersama. Dan dari catatan kami, peserta webinar Majalah Cat & Dog ini merata dari seluruh kota besar di Indonesia, termasuk kota Dili di negara tetangga Timor Leste, aktif menyimak setiap batch-nya.

Inshaa Allah kita akan jumpa lagi di Batch 9 dengan topik “WASPADA PARASIT KUTU PADA ANJING DAN KUCING” yang akan dibawakan oleh Drh. LISTRIANI WISTAWAN dari Klinik LISTRIANI VETCARE DENPASAR BALI, Sabtu 27 Maret 2021 Pukul 09.00-11.00 WIB.

Untuk pendaftaran, bisa mengisi form http://bit.ly/daftarwebinarcatdog9  atau chat di WA 0813 1069 6307   dan pastikan anda sudah subscribe kanal Youtube Majalah Cat&Dog.  Terima kasih, sampai jumpa di webinar Batch 9.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *