Kesehatan Anjing

Tips dan Cara Grooming Anjing

grooming anjing

Tak hanya manusia yang memerlukan perawatan kecantikan, anjing pun perlu penampilan yang cantik. Perawatan rambut secara berkala dan teratur akan membuat anjing memiliki rambut yang bersih, mengilat, dan harum. Anjing pun tampil lebih cantik.

Anjing merupakan salah satu hewan mamalia yang akrab dengan manusia. Salah satu faktornya, hewan ini memiliki banyak peranan baik karena sifat istimewa maupun kemampuannya. Selain sebagai pengaman dan pelacak yang sering kita lihat di satuan petugas kepolisian, anjing menjadi hewan kesayangan favorit bagi sebagian orang.

Youtube Cat & Dog

Tentu saja, hewan kesayangan menuntut perhatian yang lebih dari sekedar hanya mencukupi kebutuhan makan, minum, dan kesehatan. Hal tak kalah penting adalah penampilan dan penampakan fisik anjing. Salah satu bagian dari tubuh anjing yang penting dalam menjaga penampilannya adalah rambut yang menutupi sekujur tubuhnya.
Rambut bagi anjing, seperti halnya hewan mamalia lainnya, memiliki beberapa fungsi yang sangat penting

Berperan sebagai termoregulasi, rambut berfungsi dalam pengaturan suhu di dalam tubuh. Organ ini menjadi penghangat tubuh dengan menghalau dingin dari luar. Ketika kondisi tubuh lebih panas, rambut berfungsi untuk menyalurkan kalor atau panas dari dalam tubuh ke lingkungan luar. Dengan demikian, terjadi keseimbangan panas antara tubuh dan lingkungan. Di samping itu, rambut bagi anjing juga berfungsi sebagai penutup tubuh yang mempengaruhi penampilan fisiknya. Rambut yang tertata, bersih, dan terawat akan membuat anjing tampak sehat, menarik, dan menggemaskan.

Rambut dan kulit anjing berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan. Dengan begitu, perawatan rambut seringkali dilakukan sekaligus dengan perawatan kulit. Untuk mendapatkan rambut anjing yang sehat, pakan berupa asupan gizi yang seimbang sangat menentukan.

Selain itu, untuk mendukung kesehatan rambut dan kulit, anjing tidak saja memerlukan gizi yang seimbang, tetapi juga perawatan secara berkala. Perawatan tersebut di antaranya adalah merawat dan membersihkan kulit dan rambut anjing. Dengan perawatan berkala dan asupan gizi yang seimbang, rambut anjing tidak hanya sehat, tetapi juga tampak bersih, bersinar, sehingga menarik hati orang yang melihatnya.

Grooming, demikian orang menyebut istilah untuk perawatan hewan kesayangan ini. Grooming anjing sangat banyak manfaatnya. Selain merawat rambut, grooming anjing secara teratur juga untuk menjaga kebersihan kulit. Dengan perawatan berkala, kulit anjing akan terbebas dari kotoran, sel-sel kulit yang mati, dan sumber penyakit seperti bakteri, jamur, dan lain-lain. Perawatan rambut akan mengurangi bau dan menjadikan rambut tampak sehat berkilau. Selain itu, grooming menghindarkan kulit dari infeksi.

Mandi Air Hangat

Grooming tidak perlu dilakukan setiap pekan. Secara umum, dua kali dalam sebulan dianggap cukup untuk merawat kesehatan rambut dan kulit. Namun dalam keadaan tertentu, misalnya saat kulit anjing terserang penyakit jamur, perawatan bisa lebih dikerapkan menjadi setiap pekan.

Untuk membersihkan rambut sekaligus kulit hewan kesayangan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memandikannya. Menurut May, yang merawat anjing berambut lebat, ia cukup memandikan anjingnya setiap dua pekan sekali dengan shampo khusus anjing. Tidak seperti kulit manusia yang cenderung asam, pH kulit anjing cenderung netral mendekati basa. Oleh karena itu, shampo untuk manusia tidak cocok jika digunakan pada anjing. Hal ini akan menyebabkan kulit dan rambut anjing menjadi kering dan tidak sehat.

Memandikan tidak hanya sekedar membersihkan rambut dan kulit anjing. Melakukan pijatan ringan dan halus sebelum melakukan pembersihan rambut dan kulit akan merangsang kelenjar-kelenjar pada kulit, yang dinamakan sebaceous. Kelenjar ini menghasilkan zat sejenis pelembap yang bisa menyehatkan dan membuat rambut anjing tampak bersinar secara alami.

Air yang digunakan sebaiknya air bersuhu hangat, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Setelah proses pembersihan rambut, langkah selanjutnya adalah dengan membilas. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa shampoo yang masih menempel pada rambut dan kulit. Setelah dimandikan, biarkan kulit dan rambut anjing kering terlebih dahulu sebelum disisir. Anda bisa menggunakan handuk untuk mengusap seluruh permukaaan tubuhnya.

Menyisir Rambut Anjing

Setelah proses memandikan, langkah selanjutnya adalah menyisir rambut anjing. “Biarkan rambut anjing kering terlebih dahulu sebelum proses penyisiran,” ungkap May ketika diwawancara.

Selanjutnya, setelah kulit dan rambut mengering, letakkan anjing di atas meja atau tempat yang nyaman. Sebelum langkah penyisiran, mulailah dengan penyikatan menggunakan sikat slicker. Langkah ini bertujuan untuk mengangkat rambut yang rontok dan kusut. Menyikat rambut dimulai dari bagian kepala hingga menuju ekor. Jika rambut kusut dan terlalu sulit untuk disikat, kondisioner rambut khusus anjing bisa digunakan untuk membantu proses penyikatan.

Langkah berikutnya adalah proses menyisir rambut. Supaya rapi dan teratur, rambut anjing sebaiknya disisir menggunakan sisir yang sesuai untuk rambut anjing. Penyisiran dilakukan searah jatuhnya rambut. Selanjutnya, arah menyisir dilanjutkan ke arah yang semestinya. Untuk anjing dengan rambut tebal, penyisiran dilakukan lebih intensif. Sewaktu menyisir rambut, berikan tenaga yang agak lebih untuk merapikan. Setelah rambut tertata dengan baik, berikan sekali lagi sikatan terakhir dengan sikat bergigi renggang.

Langkah terakhir, rambut yang terlalu panjang bisa dirapikan dengan cara dipangkas menggunakan gunting rambut. Setelah itu, rambut bisa ditata kembali untuk menghilangkan potongan-potongan rambut. (Noerhidayat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *