January 21, 2022
Kenapa kucing bisa kehilangan keseimbangan? Inilah Cara Mengatasinya

Kenapa Kucing Bisa Kehilangan Keseimbangan? Inilah Cara Mengatasinya

Kenapa kucing bisa kehilangan keseimbangan atau jalannya sempoyongan seperti mabuk, jalannya merunduk terus dan kepala miring, seperti kena stroke?  Kehilangan keseimbangan dapat disebabkan oleh sejumlah besar masalah pada kucing. Sebagian besar memerlukan diagnosis dokter hewan pada tahap awal. Ini mungkin memerlukan berbagai tes yang berbeda. Masalah telinga yang menyebabkan sakit parah, infeksi atau radang telinga tengah atau dalam dapat memengaruhi keseimbangan organ sensitif yang ada di sana.

Kenapa kucing bisa kehilangan keseimbangan? Inilah Cara Mengatasinya
Cara mengobati dan menyembuhkan kucing sempoyongan cerebellar hypoplasia (cat-world.com)

Ciri Ciri yang terlihat apabila kucing mengalami kehilangan keseimbangan yaitu kucing sering memegang kepala mereka ke satu sisi, sering menggelengkan kepala dan tampak tidak terkoordinasi atau berjalan dalam lingkaran. Nyeri telinga benar-benar tidak menyenangkan dan kucing yang terkena bisa menjadi sangat panik dalam upaya mereka untuk mendapatkan bantuan. Cidera otak atau tumor otak juga dapat memengaruhi keseimbangan. Cidera otak biasanya timbul secara tiba-tiba (mis. Setelah jatuh atau kecelakaan), sedangkan tumor otak dapat menyebabkan timbulnya gejala yang lebih bertahap.

Youtube Cat & Dog

Kehilangan keseimbangan pada kucing seperti stroke

Meskipun orang juga dapat menggunakan istilah ‘stroke’, kondisi ini tidak ada pada kucing dalam bentuk yang persis sama seperti pada manusia, namun itu adalah deskripsi singkat yang berguna untuk masalah yang dapat mempengaruhi kucing yang lebih tua dan menyebabkan hilangnya keseimbangan dan ketidakmampuan untuk berdiri dalam kasus yang parah.

Sindrom vestibular idiopatik adalah kondisi yang mirip dengan ‘stroke’ tetapi dapat mempengaruhi kucing dari segala usia. Ini bisa menjadi onset mendadak dan kondisi parah yang menunjukkan kehilangan keseimbangan, jatuh, berguling dan memiringkan kepala serta gerakan mata yang berkedip cepat. Meskipun gejalanya mengkhawatirkan, perbaikan biasanya terjadi selama beberapa hari. Namun mungkin butuh beberapa minggu bagi kucing untuk kembali normal dan beberapa kucing dibiarkan miring sedikit. Penyebab pasti dari masalah ini tidak diketahui.

Meskipun beberapa perawatan dapat dicoba, diperkirakan bahwa gejala menghilang dengan sendirinya, diberikan waktu. Namun, kondisi serupa lainnya perlu disingkirkan. Penyakit dan keracunan parah lainnya mungkin juga pada awalnya tampak sebagai kehilangan keseimbangan, dan kucing yang sakit akan menjadi tidak seimbang. Akhirnya, masalah tulang atau persendian dan cedera tulang belakang dapat menyebabkan gejala yang sama karena efek rasa sakit atau kelumpuhan. Seperti yang dapat dilihat, beragam masalah harus dipertimbangkan di sini. Informasi yang relevan dari pemilik mengenai kesehatan sebelumnya, timbulnya gejala, trauma atau kecelakaan dan gejala lainnya yang ada, dapat membantu mempersempit daftar penyakit yang mungkin terjadi.

Mengapa kucing jalan sempoyongan kepala miring (pdsa.org.uk)
Mengapa kucing jalan sempoyongan kepala miring (pdsa.org.uk)

Urgensi

Karena gejala kehilangan keseimbangan yang tidak biasa dan mengkhawatirkan, sebagian besar pemilik biasanya mencari bantuan pada dokter hewan segera jika kucing mereka mulai menunjukkan gejala kehilangan keseimbangan.

Pertolongan pertama & perawatan bila kucing kehilangan keseimbangan

Pertolongan pertama terdiri dari menjaga kucing (dan diri anda) tetap tenang, menghilangkan rintangan atau kondisi lingkungan yang berbahaya yang bisa membuat kucing tersandung dan, jika perlu, mengurung kucing di kandang atau kandang sementara perhatian dicari. Ruang yang tenang dan gelap akan mengurangi rangsangan pada kucing dan membantu mengatasi gejala.

Perawatan pada kucing yang kehilangan keseimbangan

  • Pemeriksaan telinga yang teliti, mungkin dengan bius dan sinar-X, mungkin diperlukan. Sinar X tambahan mungkin diperlukan untuk kasus trauma di mana tulang / sendi atau tulang belakang diduga rusak. Untuk tumor otak yang dicurigai, CT atau MRI scan (jika tersedia) mungkin disarankan.
  • Tes darah kemungkinan akan digunakan dalam kasus keracunan dan pada kucing yang cocok, untuk mencoba mendeteksi kerusakan organ yang mendasarinya (terutama yang mempengaruhi hati dan ginjal).
  • Tes lain mungkin disarankan tergantung pada gejala pada masing-masing kucing dan kecurigaan dokter hewan mengenai apa yang mungkin terjadi.
  • Perawatan dapat berupa pembedahan (masalah telinga tertentu, patah tulang dan beberapa penyebab kerusakan tulang belakang) atau dengan obat-obatan (keracunan, pas).
  • Diperlukan perawatan yang baik untuk kucing yang tidak seimbang untuk mencegah cedera dan memungkinkan pemberian makan yang normal dan penggunaan baki sampah.
Kenapa kucing bisa kehilangan keseimbangan?
Cerebellar hypoplasia adalah kelainan neurologis. Ini merupakan gangguan di mana bagian otak kecil tidak berkembang sepenuhnya saat masih dalam kandungan. Padahal, otak kecil bertanggung jawab untuk kontrol dan koordinasi motorik. Akibatnya, kucing akan bergerak tersentak-sentak, tak beraturan dan tak seimbang.
Kenapa kucing tiba tiba seperti stroke?
Stroke pada kucing, yang juga dikenal sebagai masalah kecelakaan vaskular, disebabkan oleh kurangnya darah yang mengalir ke bagian-bagian otak tertentu, atau perdarahan di dalamnya. (Mustika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *